Pengaruh layanan konseling individu menggunakan teknik regulasi emosi terhadap Coping Stress pelaku Self-Harm : Penelitian pada santriwati tingkat Tsanawiyah di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Bandung

Sari, Ana Yuutika (2019) Pengaruh layanan konseling individu menggunakan teknik regulasi emosi terhadap Coping Stress pelaku Self-Harm : Penelitian pada santriwati tingkat Tsanawiyah di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Pengendalian emosi atau regulasi emosi yang buruk pada santriwati sehingga melakukan self-harm guna menyalurkan emosi yang ada. Coping Stress pelaku self-harm santriwati Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah dengan sampel kelas 1,2 dan 3 Tsanawiyah dapat dilakukan kegiatan coping seperti mengikuti kegiatan (Muhadharah, Muhadatsah, Podcast, Singing Together, dan lain-lain) atau ekstrakulikuler yang ada dipondok. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh layanan konseling individu menggunakan teknik regulasi emosi terhadap coping stress pelaku self-harm di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Bandung. Dalam penelitian ini proses layanan konseling individu menggunakan teknik regulasi emosi dengan teori sistem kognitif emosi yang merupakan suatu proses konselor dalam membantu memecahkan permasalahan coping stress, ketidak mampuan mengatur atau menempatkan emosi dengan tujuan ingin mencegah terjadinya self-harm dan menghentikan kebiasaan self-harm santriwati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi liner sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui angket yang kemudian diukur menggunakan pengukuran skala likert. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 34 responden yaitu santriwati tingkat Tsanawiyah di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Bandung yang gagal melakukan coping stress sehingga ditunjukkan dengan santriwati yang telah melakukan self-harm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikansi layanan konseling individu menggunakan teknik regulasi emosi terhadap coping stress pelaku self-harm melalui uji regresi linear sederhana dengan output nilai korelasi (R) sebesar 0.462 dari output tersebut juga memperoleh nilai koefesien determinasi (R square) sebesar 0.214. yang berati dari output uji regresi sederhana ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara variabel layanan konseling individu menggunakan teknik regulasi emosi terhadap variabel coping stress pelaku self-harm sebesar 21.5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Individu; Teknik Regulasi Emosi; Coping Stress; Self-Harm
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ana Yuutika Sari
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:17
Last Modified: 08 Sep 2023 04:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76164

Actions (login required)

View Item View Item