Personal Branding mahasiswa dalam membangun konsep diri di media sosial : Studi pada mahasiswa jurusan Sosiologi angkatan 2019 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Suryami, Suryami (2023) Personal Branding mahasiswa dalam membangun konsep diri di media sosial : Studi pada mahasiswa jurusan Sosiologi angkatan 2019 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan mahasiswa Jurusan Sosiologi Angkatan 2019 sebagai mahasiswa tingkat akhir dalam mempersiapkan jenjang kariernya. Salah satu gagasan yang ditawarkan adalah membangun konsep diri yang positif melalui personal branding di media sosial untuk menunjukkan keahlian, prestasi, dan pengalaman yang dimiliki oleh mahasiswa Jurusan Sosiologi. Sebagian besar mahasiswa mengatakan bahwa personal branding itu penting demi menyiapkan jenjang karier kedepan, namun hanya sebagian kecil yang sudah membentuk personal brandingnya di media sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mendorong mahasiswa membentuk personal branding di media sosial, kemudian melihat bagaimana proses mahasiswa membentuk personal branding di media sosial, serta bagaimana mahasiswa membangun kesan positif pada dirinya yang akan ditunjukkan kepada audience di media sosial sehingga membentuk konsep diri yang positif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer yang berasal dari mahasiswa Jurusan Soiologi Ankatan 2019 dan data sekunder yang berasal dari berbagai referensi baik buku, artikel ilmiah dan skripsi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi, dengan teknik penentuan narasumber melalui purposive sampling atau menggunakan kriteria tertentu. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Dramaturgi Erving Goffman melalui analisis front stage dan back stage pada proses pembentukan personal branding hingga terciptanya konsep diri yang positif yang akan membantu mahasiswa dalam mempersiapkan jenjang kariernya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membentuk personal branding didorong oleh dua faktor yaitu faktor individu terkait dengan keinginan memiliki reputasi yang baik dan faktor peran atau industri terkait dengan tuntutan dari pekerjaan yang sudah dijalani. Kemudian dalam proses membentuk personal branding mahasiswa melakukan upaya untuk membuat konten di media sosial dengan cara mengisi konten dengan kegiatan-kegiatan positif. Setelah itu personal branding akan terbentuk sesuai dengan konsep diri yang diinginkan untuk membantu mahasiswa mempersiapkan jenjang kariernya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri; Mahasiswa; Media Sosial; Personal Branding; Teori Dramaturgi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Suryami Suryami
Date Deposited: 08 Sep 2023 02:58
Last Modified: 08 Sep 2023 02:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76172

Actions (login required)

View Item View Item