Penyelesaian sengketa kasus Overmacht akibat banjir di Pusat Perbelanjaan yang mengakibatkan kerusakan kendaraan konsumen ditinjau dari Undang-Undang no 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (Bpsk) Kota Bandung

Firdaus, Muhamad Reza (2023) Penyelesaian sengketa kasus Overmacht akibat banjir di Pusat Perbelanjaan yang mengakibatkan kerusakan kendaraan konsumen ditinjau dari Undang-Undang no 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (Bpsk) Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy

Abstract

Adanya Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen bahwa dengan diberlakukanya Undang-Undang tersebut, konsumen akan mendapatkan hak-haknya secara penuh, tetapi pada kenyataanya masih banyak konsumen yang hak-haknya dilanggar oleh pelaku usaha sehingga dalam hal ini perlu adanya perlindungan hukum bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengaturan mekanisme penyelesaian sengketa, dan juga untuk mengetahui bagaimana penyelesaian sengketa serta untuk mengetahui kendala dan upaya penyelesaian sengketa terhadap putusan bpsk no. 015/G/VI/BPSK.BDG di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Bandung.Penelitian ini menggunakan teori perlindungan konsumen yang digunakan untuk menggambarkan adanya hukum yang memberikan perlindungan kepada konsumen dari kerugian atas penggunaan produk barang atau jasa. Perlindungan perlu diberikan kepada konsumen sebab secara umum keberadaanya selalu berada pada kedudukan yang lemah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris dan deskriptif analisis. mengumpulkan bahan hukum dan dihubungkan dengan studi lapangan yang bertempat di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Bandung. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa BPSK kota bandung menyelesaikan sengketa berpedoman pada Undang-Undang dan Standard Operating Procedure (SOP) Penyelesaian sengketanya sendiri berdasarkan hasil dari data temuan yang diperoleh penulis pada penelitian kali ini yaitu ada 2 point yang menjadi dasar pada pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara No.015/G/VI/2021/BPSK.BDG di Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Bandung. Pertimbangan pertama ialah pertimbangan fakta yang ditemukan pada saat persidangan berlangsung. Pertimbangan fakta berdasarkan pada pembuktian yang dikemukakan oleh para pihak yang bersidang, baik oleh penggugat dan juga tergugat. Kedua ialah pertimbangan hukum yang menjadi tolak ukur utama yang berkaitan dengan peristiwa dan fakta yang terungkap dalam persidangan. Pada upaya penemuan suatu hukum didalam suatu perkara yang sedang disidangkan mesti ditelaah, maka majelis hakim dapat melakukan hal itu dengan mencari sumber kepastian hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Penyelesaian Sengketa; Sengketa Konsumen;
Subjects: Law
Private Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Muhamad Reza Firdaus
Date Deposited: 10 Sep 2023 02:35
Last Modified: 10 Sep 2023 02:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76249

Actions (login required)

View Item View Item