Sekolah Alam dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak di Perdesaan : Penelitian di Yayasan Tugu Alam Lestari Desa Pager Wangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung

Agustina, Nia (2023) Sekolah Alam dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak di Perdesaan : Penelitian di Yayasan Tugu Alam Lestari Desa Pager Wangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi rendahnya minat pendidikan dikalangan anak anak usia sekolah dasar di Desa Pager Wangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Mereka tinggal di daerah yang tidak jauh dari Kota, tetapi masih tertinggal dalam pendidikannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Sekolah Alam dalam meningkatkan pendidikan anak usia sekolah dasar di Tugu Laksana Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini, terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diambil dari pemilik yayasan, pengurus harian dan tokoh masyarakat. Sumber data sekunder diambil dari kajian ilmiah penelitian terdahulu, dokumen data mengenai profil daerah Tugu Laksana, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Kontruksi Sosial dari Peter L Berger Teori ini menyatakan bahwa Realitas Pendidikan adalah kenyataan yang terjadi, adanya Ekternalisasi, Objektivasi dan Internalisasi memunculkan penyebutan Sekolah Alam terjadi karena kontruksi dari Masyarakat.Hasil penelitian menyatakan bahwa sebelum adanya Yayasan tugu alam Lestari kondisi Pendidikan anak baik tingkat PAUD/TK,SD bahkan SMP bisa di katakan masih rendah, setelah adanya Sekolah Alam Yayasan Tugu Alam Lestari banyak anak yang sudah bisa membaca bahkan minat dalam melanjutkan Pendidikan lebih baik lagi dari sebelumnya. Terjadi peningkatan kualitas pendidikan anak melalui pembelajaran formal dan non-formal yang fokus pada karakter dan potensi diri, serta berbagai acara khusus untuk menyalurkan minat dan bakat anak. Pengaruh Sekolah Alam Yayasan Tugu Alam Lestari Desa Pager Wangi dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di Desa Pager Wangi yaitu minat belajar anak yang semakin baik juga pemahaman orang tua tentang pentingnya pendidikan semakin baik. Keberhasilan peningkatan pendidikan anak dapat dilihat dari perkembangan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia nyata. Peningkatan pendidikan anak yang berhasil dapat tercermin dalam perkembangan keterampilan hidup yang ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Peran; Sekolah Alam;
Subjects: Education
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nia Nia Agustina
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:05
Last Modified: 08 Sep 2023 08:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76364

Actions (login required)

View Item View Item