Pengaruh perilaku Muzakki terhadap kesehatan mental pada pelaksanaan Zakat Maal : Studi kasus di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung

Noviana, Hanna (2023) Pengaruh perilaku Muzakki terhadap kesehatan mental pada pelaksanaan Zakat Maal : Studi kasus di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BabI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BabII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BabIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BabIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BabV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Setiap insan atau manusia pasti memiliki kepercayaan yang diejawantahkan sebagai agama. Setiap orang pasti memiliki kepercayaan, tidak mungkin seseorang tidak memiliki kepercayaan.Kesehatan mental adalah hal yang penting dalam kehidupan seseorang bagi setiap muslim yang telah menunaikan zakat, tidak hanya beribadah untuk dirinya sendiri tetapi juga berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan sesamanya. Zakat merupakan salah satu aspek pendorong manusia untuk membenahi dari sisi kesehatan mental. Zakat dapat membantu muzakki untuk merasa lebih tenang dan bahagia karena telah memenuhi kewajiban agama dan membantu mereka untuk terhubung dengan Tuhan. Lantas bagaimana kesehatan mental ini bisa terwujud dan diterapkan oleh para pelaksana zakat atau yang biasa disebut muzakki.Pada penelitian kali ini, peneliti menerapkan penelitian Survey Research dari pendekatan kuantitatif dengan jumlah keseluruhan populasi di Badan Amil Zakat Nasional Kota Bandung sebanyak 158. Dihitung menggunakan rumus SLOVIN 16% dari populasi 158 adalah 32 sampel. Pada penelitian ini menggunakan perhitungan aplikasi SPSS Versi 28. Pada kategori rendah tidak terdapat satupun responden yang mempunyai tingkatan rendah dari segi pelaksanaan zakat, pada kategori tinggi 59,4% kategori sedang sebanyak 40,6%. Mengenai gambaran kesehatan mental muzakki di BAZNAS Kota Bandung responden memiliki nilai kategori tinggi, sedang,. Didalam kategori tinggi 100% dan kategori sedang 100%. Berdasarkan alat pengukuran yang telah digunakan ialah pengguna Kesehatan mental pada diri muzzaki mayoritas sehat secara menta dan fisiknya. Dari hasil diatas maka dapat diketahui kriteria uji yaitu jika t (-) t hitung (-) t tabel maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Dari t tabel yang telah ditentukan ialah df n-2. Oleh karena n32, maka df32-230. Dengan ∝ 0,05 yakni t tabel 2,042 maka dari tabel diatas dapat dilihat besaran t hitung 6,243. Sehingga bisa dilihat 6,243 2,042. Selain itu nilai signifikansi ialah 0,001 0,05 , H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti Pelaksanaan Zakat berpengaruh terhadap Kesehatan Mental. Dengan demikian maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis yang diajukan dapat dibuktikan atau diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Kesehatan Mental; Muzakki
Subjects: Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hanna Noviana
Date Deposited: 08 Sep 2023 06:57
Last Modified: 08 Sep 2023 08:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76399

Actions (login required)

View Item View Item