Metode Psikoterapi Sufistik terhadap emosi pada remaja : Studi deskriptif Ma’had Baitul Arqom Al-Islami Ciparay, Kab Bandung

Rosantika, Nira (2023) Metode Psikoterapi Sufistik terhadap emosi pada remaja : Studi deskriptif Ma’had Baitul Arqom Al-Islami Ciparay, Kab Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER (1).pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi di mana seorang anak mulai mengalami ketidakstabilan dalam emosional dan kepribadiannya. Pada usia remaja pun banyak sekali perubahan fisiologis terhadap sesuatu yang membangkitkan nilai positif dan negative sehingga menghasilkan emosi baik emosi positif ataupun negative dalam hidupnya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Metode Psikoterapi Sufistik.Penelitian ini bertujuan sebagai pengetahuan mengenai profil Ma'had Baitul Arqom Al Islami, untuk mengetahui metode psikoterapi sufistik dalam menangani permasalahan yang terjadi pada remaja di Ma’had Baitul Arqom Al Islami khususnya asrama RMQ Al Yusufiyah juga untuk mengetahui dampak yang dirasakan oleh santri ketika melewati setiap tahapan metode psikoterapi sufistik. Metode yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini responden berjumlah 6 orang santri yang menggunakan metode Psikoterapi Sufistik. Hasil dari penelitian disimpulkan bahwa Penerapan metode psikoterapi sufistik cukup efektif pada emosi remaja di Ma’had Baitul Arqom Al Islami melalui lima tahapan yakni, Zikir, Taubat, Shalat dan Do'a, dan diakhiri membaca Al- Qur'an. Adapun ruang lingkup pembahasannya yaitu mengenai pengertian, manfaat urgensi, cara hingga contoh dalam kehidupan sehari-hari titik tujuan dari hal tersebut adalah agar mampu memahami betapa pentingnya hal dan mendasar mengenai metode ini. Selain itu, dampak yang dirasakan oleh santri ketika sudah melewati tahapan-tahapan dari metode psikoterapi sufistik ini adalah adanya kesadaran untuk memahami agama bertambahnya ilmu agama perasaan menjadi tenang, menjadi lebih sabar, adanya kepuasan tersendiri dan mempunyai pedoman hidup, ikhlas dalam menjalankan segala hal, dan hidup dengan memiliki tujuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Psikoterapi Sufistik; Emosi; Remaja
Subjects: Psychology
Psychology > Education of Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nira Rosantika
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:21
Last Modified: 21 Dec 2023 07:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76432

Actions (login required)

View Item View Item