Persepsi komunitas pemuda hijrah Shift terhadap konten dakwah video Booster & Lifehack di akun youtube Hanan Attaki : Studi deskriptif pada komunitas pemuda hijrah Shift

Fitriani, Deva (2023) Persepsi komunitas pemuda hijrah Shift terhadap konten dakwah video Booster & Lifehack di akun youtube Hanan Attaki : Studi deskriptif pada komunitas pemuda hijrah Shift. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (281kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Youtube merupakan salah satu media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media dakwah. Salah satu ciri khas dari media youtube yaitu adanya program siaran keislaman, salah satunya konten dakwah video booster & lifehacks diakun youtube Hanan Attaki yang isi kontennya sangat ringan dan digemari oleh anak muda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui reaksi (sensasi), perhatian (atensi), dan Interpretasi komunitas pemuda hijrah shift mengenai konten dakwah video booster & lifehack di akun youtube Hanan Attaki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif kualitatif, dan hasil dari penelitian juga ditulis berdasarkan hal yang dapat terjadi di lapangan dan sesuai dengan fakta yang telah dikatakan informan. Pendekatan ini menggunakan pendekatan konstruktivisme yaitu merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dipilih yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang dipilih secara sengaja berdasarkan sebuah kriteria yang sudah penulis tentukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori persepsi dan teori SOR yang diungkapkan oleh alex sobur dan Hovland. Bahwa dalam pembahasannya proses persepsi ini terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu reaksi (sensasi), perhatian (atensi) dan proses interpretasi. Reaksi (sensasi) disini proses yang dilakukan pada tahapan awal persepsi dan dilanjutkan dengan perhatian (atensi) yaitu alat indra manusia yang diberikan penyaringan yang diterima oleh manusia. Dan proses Interpretasi yaitu proses pengoraginasian sebuah informasi dari masing masing informan. Hasil dari penelitian persepsi komunitas pemuda hijrah shift terhadap konten dakwah video booster & lifehacks diakun youtube hanan attaki ini terdiri dari 3 tahapan pokok. Pertama proses reaksi (sensasi) yaitu bahwa konten video ini dapat memuaskan karena isinya menggunakan bahasa yang mudah. Dari segi yang disampaikan pada kontennya tersebut menggunakan bahasa yang ringan serta mudah untuk diterima oleh anak muda tidak kaku dan menggunakan bahasa yang sedang kekinian serta simple dianak muda. Kedua proses atensi perhatian yaitu pada konten ini bahwa isi kontennya memang serius tetapi tidak selalu serius karena konten yang santai dalam penyampaiannya. Serta yang ketiga adalah proses interpretasi yaitu pada konten ini sangat mudah untuk dipahami oleh komunitas pemuda hijrah shift karena dalam kontennya selalu memberikan sebuah gambaran serta analogi yang sederhanan dan menggunakan bahasa mudah untuk dipahami.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konten Dakwah; Booster & Lifehack; Komunitas; Persepsi
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Deva Fitriani
Date Deposited: 10 Sep 2023 03:14
Last Modified: 10 Sep 2023 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76479

Actions (login required)

View Item View Item