Konseling individu untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui pendekatan Cognitive Behavioral Therapy berbasis Islam : Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dayeuhkolot kelas X MIPA 2

Futri, Nisa Destriani (2023) Konseling individu untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui pendekatan Cognitive Behavioral Therapy berbasis Islam : Penelitian di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Dayeuhkolot kelas X MIPA 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 1 Dayeuhkolot yang ter identifikasi kurang percaya diri yang akhirnya berujung pada penurunan prestasi dan hasil belajar. Peneliti menemukan keluhan-keluhan pada siswa tersebut seperti hal nya mereka seringkali membandingkan dirinya dengan orang lain, sulit untuk bersosialisasi serta tidak mampu berbicara di depan umum. Yang menjadi indikator kurangnya percaya diri yaitu pikiran negatif yang ada pada pikiran diri sendiri, terlalu takut terhadap hal yang belum tentu terjadi, juga mempecayai opini orang lain tentang diri kita. Dengan adanya permasalahan tersebut maka salah satu upaya yang dapat dilakukan guru bimbingan dan konseling ialah melalui pelaksanaan konseling individu untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui pendekatan Cognitive Behavioral Therapy berbasis Islam. Penelitian ini berfokus pada bagaimana program, proses, dan hasil kegiatan konseling individu untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui pendekatan Cognitive Behavioral Therapy berbasis Islam di SMA Negeri 1 Dayeuhkolot kelas X MIPA 2. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui program, proses, dan hasil kegiatan konseling individu untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui pendekatan Cognitive Behavioral Therapy berbasis Islam di SMA Negeri 1 Dayeuhkolot kelas X MIPA 2. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara secara rinci serta mendalam. Adanya metode dan teknik pengumpulan data tersebut peneliti tentunya dapat menguraikan dan menjelaskan secara komprehensif dan detail mengenai kegiatan konseling individu untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui pendekatan Cognitive Behavioral Therapy berbasis Islam. Hasil pada penelitian menunjukan bahwa kegiatan konseling individu untuk meningkatkan percaya diri siswa melalui pendekatan Cognitive Behavioral Therapy berbasis Islam di SMA Negeri 1 Dayeuhkolot kelas X MIPA 2 dapat dikatakan efektif dan cukup berhasil, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan dalam perilaku konseli yang mencerminkan sikap percaya diri yaitu tidak lagi membandingkan dirinya dengan orang lain, mampu bersosialisasi dengan baik dan mampu berbicara di depan umum. Hal ini juga dibuktikan dengan meningkatnya prestasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Konseling Individu, Percaya Diri, Cognitive Behavioral Therapy Berbasis Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individu; Percaya Diri; Cognitive Behavioral Therapy Berbasis Islam;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nisa Destriani Futri
Date Deposited: 09 Sep 2023 14:12
Last Modified: 09 Sep 2023 14:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76548

Actions (login required)

View Item View Item