Implikasi sosial penggunaan media Tablet dalam pembelajaran pada Anak : Studi kasus di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Anggrawati Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka

Budiarto, Meilany Deyustiawati (2023) Implikasi sosial penggunaan media Tablet dalam pembelajaran pada Anak : Studi kasus di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Anggrawati Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena di PAUD Harapan Mulia yang terletak di Desa Anggrawati Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka ini terdapat adanya bantuan media tablet dari Dinas Pendidikan yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan adanya media tablet di PAUD Harapan Mulia tersebut terdapat adanya perubahan sosial yang terjadi serta adanya persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan media tablet dalam pembelajaran pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana masyarakat memandang penggunaan tablet dalam pembelajaran pada anak di PAUD Harapan Mulia, serta mengetahui bagaimana proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan tablet sebagai media pembelajaran anak. Teori struktural fungsional Talcott Parson adalah teori yang digunakan dalam penelitian ini. Gagasan AGIL hadir dalam teori struktural fungsional Talcott Parson. A (adaption): baik sistem maupun lingkungan harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan satu sama lain. G (goal attainment): sistem harus menentukan dan mencapai tujuan utamanya. I (integration): hubungan antara bagian-bagian sistem harus diatur. L (latency): motivasi individu maupun pola-pola sosial yang menumbuhkan dan mendukung motivasi harus dipertahankan dalam sebuah sistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi dan kajian pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dari Cresswell yang mengeksplorasi dan memahami makna di sejumlah individu atau sekelompok orang yang berasal dari masalah sosial. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti yaitu terdapat adanya perubahan yang terjadi dalam hal pendidikan dimasyarakat dengan adanya media tablet, sehingga penggunaan media tablet sebagai pembelajaran anak ini dipengaruhi oleh faktor globalisasi. Banyaknya respon positif dari masyarakat serta meningkatnya minat belajar bagi murid dalam menggunakan media tablet ini mendorong masyarakat tertarik dengan pencapaian yang terjadi di PAUD Harapan Mulia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implikasi sosial; Media pembelajaran; Penggunaan tablet
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Groups > Groups
Education
Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meilany Deyustiawati Budiarto
Date Deposited: 10 Sep 2023 03:06
Last Modified: 10 Sep 2023 22:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76554

Actions (login required)

View Item View Item