Budiarto, Meilany Deyustiawati (2023) Implikasi sosial penggunaan media Tablet dalam pembelajaran pada Anak : Studi kasus di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Desa Anggrawati Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (403kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena di PAUD Harapan Mulia yang terletak di Desa Anggrawati Kecamatan Maja Kabupaten Majalengka ini terdapat adanya bantuan media tablet dari Dinas Pendidikan yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan adanya media tablet di PAUD Harapan Mulia tersebut terdapat adanya perubahan sosial yang terjadi serta adanya persepsi masyarakat terhadap pemanfaatan media tablet dalam pembelajaran pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana masyarakat memandang penggunaan tablet dalam pembelajaran pada anak di PAUD Harapan Mulia, serta mengetahui bagaimana proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan tablet sebagai media pembelajaran anak. Teori struktural fungsional Talcott Parson adalah teori yang digunakan dalam penelitian ini. Gagasan AGIL hadir dalam teori struktural fungsional Talcott Parson. A (adaption): baik sistem maupun lingkungan harus menyesuaikan diri dengan kebutuhan satu sama lain. G (goal attainment): sistem harus menentukan dan mencapai tujuan utamanya. I (integration): hubungan antara bagian-bagian sistem harus diatur. L (latency): motivasi individu maupun pola-pola sosial yang menumbuhkan dan mendukung motivasi harus dipertahankan dalam sebuah sistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi dan kajian pustaka. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dari Cresswell yang mengeksplorasi dan memahami makna di sejumlah individu atau sekelompok orang yang berasal dari masalah sosial. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti yaitu terdapat adanya perubahan yang terjadi dalam hal pendidikan dimasyarakat dengan adanya media tablet, sehingga penggunaan media tablet sebagai pembelajaran anak ini dipengaruhi oleh faktor globalisasi. Banyaknya respon positif dari masyarakat serta meningkatnya minat belajar bagi murid dalam menggunakan media tablet ini mendorong masyarakat tertarik dengan pencapaian yang terjadi di PAUD Harapan Mulia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implikasi sosial; Media pembelajaran; Penggunaan tablet |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Groups > Groups Education Education > Miscellany of Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Meilany Deyustiawati Budiarto |
Date Deposited: | 10 Sep 2023 03:06 |
Last Modified: | 10 Sep 2023 22:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76554 |
Actions (login required)
View Item |