Peran pekerja sosial dalam pelayanan dan pendampingan kesehatan masyarakat : Studi deskriptif di Satuan Pelayanan Sosial Rumah Singgah Humanis, Kota Bandung"

Handayani, Ayu Ida (2023) Peran pekerja sosial dalam pelayanan dan pendampingan kesehatan masyarakat : Studi deskriptif di Satuan Pelayanan Sosial Rumah Singgah Humanis, Kota Bandung". Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan masyarakat pada saat ini dianggap sebagai hal utama bagi setiap individu, tanpa memandang status sosial atau keuangan. Namun, masih banyak tantangan dalam mencapai kesetaraan akses ke layanan kesehatan. Kelompok masyarakat yang kurang mampu sering kali menghadapi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan mereka, karena berbagai alasan seperti keterbatasan finansial, aksesibilitas geografis, dan kurangnya pengetahuan tentang kesehatan. Dalam hal ini, peran pekerja sosial di Satpelsos Rangganis menjadi sangat penting sebagai perantara untuk memastikan bahwa semua warga memiliki akses ke layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas, serta memberikan edukasi tentang kesehatan dan kesejahteraan. Melalui peran mereka ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup masyarakat Muslim, khususnya dalam aspek kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program kegiatan pelayanan dan pendampingan dalam aspek kesehatan di Satpelsos Rangganis, mengetahui implementasi program-program ini memiliki peran penting dalam menjalankan tugas pelayanan sosial di Satpelsos Rangganis, sehingga bermanfaat dan dampak yang dirasakan positif bagi masyarakat setelah adanya lembaga ini. Penelitian ini didasarkan pada pendekatan teori peran pekerja sosial, teori pelayanan dan pendampingan kesehatan, teori kesejahteraan sosial, teori kesehatan, dan teori lembaga sosial sebagai landasan pemikiran. Landasan konseptualnya meliputi program, implementasi program, dan dampak. Landasan pemikiran ini menjadi dasar utama dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi studi deskriptif, pendekatan fenomenologi, dan paradigma konstruktivistik. Langkah-langkah ini dipilih karena pentingnya memahami bahwa realitas sosial terbentuk melalui proses konstruksi sosial. Selain itu, penelitian ini mengakui bahwa pengungkapan dan analisis gejala sosial tidak hanya dilakukan oleh peneliti, tetapi juga melibatkan perspektif yang berasal dari lapangan. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pekerja sosial di Satpelsos Rangganis memberikan pelayanan yang baik dan sesuai dengan target perencanaan dengan bertindak sebagai penghubung antara klien dengan mitra yang diperlukan. Meskipun begitu, program kegiatan yang dilakukan di sana telah berhasil memberikan bantuan sesuai dengan tugas yang menjadi tanggung jawab pekerja sosial. Hal ini menyebabkan implementasi kegiatan pelayanan dapat memberikan dampak yang signifikan bagi pasien atau penerima manfaat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pekerja Sosial; Rumah Singgah; Kesehatan Masyarakat
Subjects: Education, Research
Public Administration
Education, Research
Public Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ayu Ida Handayani
Date Deposited: 10 Sep 2023 04:09
Last Modified: 10 Sep 2023 04:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76589

Actions (login required)

View Item View Item