Sanusi, Cecep (2023) Penerapan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (Sole) berbantuan oPhysic: Interactive Physics Simulations untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
SKRIPSI CECEP SANUSI_COVER.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI CECEP SANUSI_ABSTRAK.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
SKRIPSI CECEP SANUSI_DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 1.pdf Download (894kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI CECEP SANUSI_REFERENSI.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
Abstract
Dasar penelitian ini adalah kurangnya keterampilan berpikir kritis (KBK) peserta didik SMA, terutama dalam memahami materi gelombang mekanik, sub materi gelombang berdiri dan berjalan. Studi ini memanfaatkan model self-organized learning environment (SOLE) berbantuan oPhysic, untuk menginvestigasi konten gelombang mekanik dengan tujuan menganalisis peningkatan KBK peserta didik di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sobang, Kabupaten Lebak. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuasi-eksperimental dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Setelah melakukan analisis data yang mengukur hasil posttest menggunakan Independent Samples T-test pada tingkat signifikansi 0,000, hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan KBK antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Lebih lanjut, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan KBK yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 59,883. Sementara kelas kontrol hanya mencapai nilai rata-rata N-gain sebesar 41,25.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gelombang Mekanik; Keterampilan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE); oPhysic |
Subjects: | Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sanusi Cecep |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 04:38 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 04:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76602 |
Actions (login required)
View Item |