Sanusi, Cecep (2023) Penerapan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (Sole) berbantuan oPhysic: Interactive Physics Simulations untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
| 
 | Text (COVER) SKRIPSI CECEP SANUSI_COVER.pdf Download (221kB) | Preview | |
| 
 | Text (ABSTRAK) SKRIPSI CECEP SANUSI_ABSTRAK.pdf Download (353kB) | Preview | |
| 
 | Text (DAFTAR ISI) SKRIPSI CECEP SANUSI_DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) | Preview | |
| 
 | Text (BAB I) SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 1.pdf Download (894kB) | Preview | |
| ![[img]](https://digilib.uinsgd.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB II) SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy | |
| ![[img]](https://digilib.uinsgd.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB III) SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) | Request a copy | |
| ![[img]](https://digilib.uinsgd.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB IV) SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy | |
| ![[img]](https://digilib.uinsgd.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB V) SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) | Request a copy | |
| ![[img]](https://digilib.uinsgd.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (DAFTAR PUSTAKA) SKRIPSI CECEP SANUSI_REFERENSI.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy | 
Abstract
Dasar penelitian ini adalah kurangnya keterampilan berpikir kritis (KBK) peserta didik SMA, terutama dalam memahami materi gelombang mekanik, sub materi gelombang berdiri dan berjalan. Studi ini memanfaatkan model self-organized learning environment (SOLE) berbantuan oPhysic, untuk menginvestigasi konten gelombang mekanik dengan tujuan menganalisis peningkatan KBK peserta didik di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sobang, Kabupaten Lebak. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuasi-eksperimental dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Setelah melakukan analisis data yang mengukur hasil posttest menggunakan Independent Samples T-test pada tingkat signifikansi 0,000, hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan KBK antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Lebih lanjut, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan KBK yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 59,883. Sementara kelas kontrol hanya mencapai nilai rata-rata N-gain sebesar 41,25.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Gelombang Mekanik; Keterampilan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE); oPhysic | 
| Subjects: | Physics | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika | 
| Depositing User: | Sanusi Cecep | 
| Date Deposited: | 11 Sep 2023 04:38 | 
| Last Modified: | 11 Sep 2023 04:39 | 
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76602 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
        


