Penerapan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (Sole) berbantuan oPhysic: Interactive Physics Simulations untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik

Sanusi, Cecep (2023) Penerapan model pembelajaran Self Organized Learning Environment (Sole) berbantuan oPhysic: Interactive Physics Simulations untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang mekanik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
SKRIPSI CECEP SANUSI_COVER.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
SKRIPSI CECEP SANUSI_ABSTRAK.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
SKRIPSI CECEP SANUSI_DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 1.pdf

Download (894kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
SKRIPSI CECEP SANUSI_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI CECEP SANUSI_REFERENSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy

Abstract

Dasar penelitian ini adalah kurangnya keterampilan berpikir kritis (KBK) peserta didik SMA, terutama dalam memahami materi gelombang mekanik, sub materi gelombang berdiri dan berjalan. Studi ini memanfaatkan model self-organized learning environment (SOLE) berbantuan oPhysic, untuk menginvestigasi konten gelombang mekanik dengan tujuan menganalisis peningkatan KBK peserta didik di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sobang, Kabupaten Lebak. Metode penelitian yang diterapkan adalah kuasi-eksperimental dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Setelah melakukan analisis data yang mengukur hasil posttest menggunakan Independent Samples T-test pada tingkat signifikansi 0,000, hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan KBK antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Lebih lanjut, kelas eksperimen menunjukkan peningkatan KBK yang lebih tinggi dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 59,883. Sementara kelas kontrol hanya mencapai nilai rata-rata N-gain sebesar 41,25.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gelombang Mekanik; Keterampilan Berpikir Kritis; Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (SOLE); oPhysic
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Sanusi Cecep
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:38
Last Modified: 11 Sep 2023 04:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76602

Actions (login required)

View Item View Item