Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pendidikan terhadap minat peserta didik melanjutkan studi di Madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan Se-Kabupaten Garut

Kamil, Ihsan (2023) Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pendidikan terhadap minat peserta didik melanjutkan studi di Madrasah : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan Se-Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (142kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dalam dunia pendidikan merupakan hal yang lumrah, tidak sedikit madrasah yang ditinggalkan oleh peserta didiknya, dengan keprofesionalan pihak madrasah dalam memahami pemasaran jasa pendidikan maka akan memperbesar kemungkinan dalam mempertahankan serta memajukan lembaganya. Pemilihan alat pemasaran jasa pendidikan yang tepat pula dapat memberikan pengaruh yang signifikan dalam memasarkan lembaganya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis bauran pemasaran (marketing mix) pendidikan dim Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan Se-Kabupaten Garut; 2) menganalisis minat peserta didik melanjutkan studi di Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan Se-Kabupaten Garut; 3) menganalisis pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) pendidikan terhadap minat peserta didik melanjutkan studi di Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan Se-Kabupaten Garut. Penelitian ini bersifat ex post facto, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket/kuesioner serta didukung dengan dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji analisis parsial per indikator, uji asumsi klasik (uji normalitas, homogenitas, dan linearitas), serta uji hipotesis (uji regresi linier sederhana). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran (marketing mix) pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan Se-Kabupaten Garut mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,67, Nilai tersebut masuk kedalam kualifikasi tinggi, dikarenakan berada pada rentang 3,40 – 4,19. Kemudian, Minat Peserta Didik Melanjutkan Studi di Madrasah Aliyah Negeri Plus Keterampilan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,53, Nilai tersebut termasuk kedalam kualifikasi tinggi, dikarenakan berada pada rentang 3,40 – 4,19. Berdasarkan uji hipotesis bauran pemasaran (marketing mix) pendidikan berpengaruh pada minat peserta didik melanjutkan studi di Madrasah, dibuktikan dengan hasil analisis regresi linier sederhana yang menunjukkan koefisien determinasi sebesar 29,8% (dibulatkan menjadi 30%) maka berpengaruh positif dan masuk kedalam klasifikasi cukup tinggi, dikarenakan berada dalam rentang 17 – 48%, sedangkan 70% lainnya merupakan faktor lain yang memengaruhi minat peserta didik, serta dibuktikan pula dengan hasil perhitungan uji t sebesar 6,283, yang lebih besar dari nilai ttabel 1,98609 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa hipotesis alternatif diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran; Minat Peserta Didik; Manajemen Pemasaran
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ihsan Kamil
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:41
Last Modified: 11 Sep 2023 08:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76643

Actions (login required)

View Item View Item