Salma, Afifa Rodia (2023) Pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Pencemaran Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
||
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
Abstract
Pembelajaran yang berlangsung pada mata pelajaran IPA khususnya Biologi kelas VII dirasa pasif karena siswa merasa tidak percaya diri untuk melakukan diskusi dan mengeluarkan pendapat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran, pengaruh model pembelajaran serta keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas yang menggunakan model dan tanpa menggunakan model. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimendengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Paseh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Kelas yang dijadikan sampel yaitu kelas VII-A dan VII-B yang berjumlah 30 orang untuk setiap kelasnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretest 72,76 (kreatif) dan rata-rata nilai posttest 83,36 (kreatif sekali). Sedangkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretest 49 (kurang) dan rata-rata nilai posttest 62,53 (cukup). Hasil uji prasyarat memperoleh nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan tidak memiliki varians yang sama (tidak homogen). Berdasarkan hipotesis dengan uji t’ didapatkan thitung15,84> ttabel2,00 pada taraf signifikan 5% maka H1diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan dengan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Creative Problem Solving; Kemampuan Berpikir Kreatif; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | AFIFA RODIA SALMA |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 05:46 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 05:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76651 |
Actions (login required)
View Item |