Layanan konseling Islami dalam mengatasi dampak Psikologis siswa terisolir

Ningsih, Ida (2023) Layanan konseling Islami dalam mengatasi dampak Psikologis siswa terisolir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya setiap individu tidak terlepas dari masalah dan tentu memiliki kondisi psikologis yang berbeda. Adapun faktor yang mempengaruhi kondisi psikologis seseorang yaitu kondisi keluarga dan lingkungan sekitar. Ketika seseorang dihadapkan dengan masalah namun tidak mendapatkan dukungan dari keluarga dan orang sekitar maka ia akan mengalami kesulitan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui profil siswa terisolir, proses konseling dalam mengatasi dampak psikologis siswa yang terisolir dan mengetahui perkembangan dari proses konseling islami melalui pendekatan Rational Emotive Behaviour dalam mengatasi dampak psikologis siswa yang terisolir di SMPN 1 Cileunyi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konseling islami yang dikemukakan oleh Achmad Mubarak dan Pendekatan Rational Emotive Behaviour yang dikemukakan oleh Albert Ellis. Tujuan pendekatan ini untuk merubah pemikiran irasional menjadi rasional. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif memiliki tujuan untuk menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematik sehingga data lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan oleh orang lain dan penelitian ini dilakukan sampai tahap deskripsi hasil penelitian, dengan teknik pengumpulan data berubah observasi, wawancara dan dokumentasi. Perkembangan dari proses peranan konselor dalam proses konseling islami melalui pendekatan rational emotive behaviour yaitu : (a) siswa terisolir dapat bersosialisasi dengan baik, (b) lebih bisa terbuka kepada temannya, (c) lebih percaya diri, (d) lebih bisa menyesuaikan diri dengan baik, (e) mengembalikan pemikiran irrasional (tidak logis) menjadi rasional (logis).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Siswa Terisolir; Konseling Islami; Rational Emotive Behaviour
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ida Ningsih
Date Deposited: 10 Sep 2023 03:37
Last Modified: 10 Sep 2023 03:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76684

Actions (login required)

View Item View Item