Keterampilan guru dalam memanajemen kelas pada pembelajaran tematik di MI NU Karanganyar Kabupaten Indramayu

Farahdiba, Ayu (2023) Keterampilan guru dalam memanajemen kelas pada pembelajaran tematik di MI NU Karanganyar Kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu keterampilan yang penting dikuasai oleh guru ialah keterampilan dalam mengatur atau memanajemen kelas. Manajemen kelas adalah salah satu aspek pembelajaran yang harus dipahami sekaligus dikuasai oleh guru agar siswa dapat belajar dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang: 1) Keterampilan guru dalam memanajemen kelas pada pembelajaran tematik di MI NU Karanganyar Kabupaten Indramayu, 2) Kendala guru dalam memanajemen kelas pada pembelajaran tematik di kelas V MI NU Karanganyar Kabupaten Indramayu. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V MI NU Karanganyar Kabupaten Indramayu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yakni pedoman wawancara dan lembar angket. Adapun yang menjadi partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V untuk mengisi lembar angket serta kepala sekolah dan guru kelas V sebagai narasumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi data. Untuk menguji kredibilitas data peneliti menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang berkaitan dengan rumusan masalah yang pertama menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam memanajemen kelas pada pembelajaran tematik sudah cukup terampil, yang mana hasil tersebut didapatkan dari penelitian, yaitu: Pertama, menciptakan iklim belajar mengajar yang tepat. Kedua, mengatur ruangan belajar terutama pengaturan tempat duduk siswa kelas V dan pengaturan udara. Ketiga, sikap tanggap dalam mengelola interaksi belajar mengajar. Adapun hasil penelitian dengan rumusan masalah kedua yang berkaitan dengan kendala dalam memanajemen kelas yang terdapat di MI NU Karanganyar Kabupaten Indramayu yaitu terkait tata letak tempat duduk siswa, karakteristik siswa yang keras, administrasi sekolah, dan keterbatasan guru dalam penilaian pembelajaran tematik. Hasil perhitungan angket yang diperoleh dari siswa yaitu 76,69% dengan kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen kelas; Pembelajaran Tematik
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ayu Farahdiba
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:44
Last Modified: 11 Sep 2023 09:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76719

Actions (login required)

View Item View Item