Penerapan teori belajar Operant Conditioning pada mata pelajaran PAI di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung

Ariska, Mutiara (2023) Penerapan teori belajar Operant Conditioning pada mata pelajaran PAI di SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy

Abstract

Ciri utama dari proses pembelajaran yang berjalan dengan baik adalah minat belajar siswa yang meningkat dan mencapai tujuan pembelajaran. Permasalahan yang ditemukan di SMP Al-Amanah Cileunyi adalah terkait minat belajar peserta didik yang pasif dan tidak aktif di dalam kelas, mengantuk, dan berpengaruh pada kualitas pola tingkah laku yang menurun. Sebagai salah satu penanganannya, teori belajar operant conditioning hadir sebagai jalur alternatif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII B pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan teori belajar operant conditioning pada mata pelajaran PAI di kelas VIII B (2) Faktor pendukung penerapan teori belajar operant conditioning pada mata pelajaran PAI di kelas VIII B (3) Faktor penghambat penerapan teori belajar operant conditioning pada mata pelajaran PAI di kelas VIII B (4) Hasil penerapan teori belajar operant conditioning pada mata pelajaran PAI di kelas VIII B SMP Al-Amanah Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara kepada guru mata pelajaran PAI di kelas VIII B dan peserta didik yang aktif mengikuti pembelajaran. Observasi juga dilakukan di sekolah dan di dalam kelas ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Selain itu ada dokumentasi terkait data-data dan struktur organisasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan teori belajar operant conditioning sudah berjalan dengan baik dan mencapai presentase 80% karena guru PAI sudah membuat, melaksanakan, dan melakukan evaluasi pembelajaran sesuai dengan RPP yang tidak terlepas dari pemberian reinforcement positive dan negative (2) Faktor pendukung penerapan teori belajar operant conditioning adalah ketersediaan media belajar, dan peraturan-peraturan yang ada di sekolah (3) Faktor penghambat dari penerapannya adalah kurangnya minat belajar siswa dan pengaruh dari sosial media (4) Hasil penerapan teori belajar operant conditioning menjadikan minat belajar siswa meningkat ditandai dengan keaktifan siswa ketika berinteraksi di dalam kelas bertambah, tidak mengantuk, serta ikut menanggapi setiap pelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: teori belajar; operant conditioning; minat belajar; siswa;
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Ariska
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:58
Last Modified: 14 Sep 2023 01:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76729

Actions (login required)

View Item View Item