Penerapan pendekatan Saintifik pada materi Ikatan Ion untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa

Triyani, Triyani (2023) Penerapan pendekatan Saintifik pada materi Ikatan Ion untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas siswa pada setiap tahapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada materi ikatan ion , menganalisis kemampuan penyelesainan LK dengan pendekatan saintifik pada materi ikatan ion, menganalisis perkembangan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya pendekatan saintifik pada materi ikatan ion. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one shot case study. Subjek pada penelitian ini siswa kelas X MIPA SMA Tamansiswa Rancaekek dengan jumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, LK dan soal posttest. Data yang diperoleh dari hasil observasi, LK dan soal posttest. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa keseluruhan mencapai 87,7% dengan interpretasi sangat baik. Hasil penyelesaian LK mencapai 90,1% dengan interpretasi sangat baik, dan hasil soal tes keterampilan berpikir kritis memiliki interpretasi sangat baik dengan nilai 79,8%. Nilai tertinggi diperoleh pada indikator memberikan penjelasan sederhana dan membangun keterampilan dasar yaitu 82%, sedangkan indikator yang berada pada kategori sedang yaitu 80% pada indikator mengatur strategi, siswa yang memiliki nilai terendah dengan nilai 77% dan 78% yaitu pada indikator membuat inferensi atau kesimpulan dan membuat penjelasan lanjut. Dengan demikian penerapan pendekatan saintifik pada materi ikatan ion baik dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil tes sebesar 79,8% yang termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik; video pembelajaran; ikatan ion; berpikir kritis;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Triyani Triyani
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:40
Last Modified: 11 Sep 2023 07:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76731

Actions (login required)

View Item View Item