Aisyah, Khoirunnisa Restu (2023) Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Geometry App untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (526kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (600kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman matematika bagian dari tuntutan pendidik dan peserta didik dalam menganalisis dan memecahkan berbagai masalah matematika sesuai kehidupan di sekitar siswa, namun sebagian siswa mengalami kendala dalam memahami konsep matematika dan perlu upaya peningkatan kemampuan pemahaman tersebut. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa melalui media pembelajaran interaktif berbasis geometry app. Penelitian dilakukan di salah satu SMPN yang berada di Kabupaten Sumedang, melibatkan kelas VIII-C dan VIII-F. Metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Instrumen berupa observasi, tes dan angket. Hasil penelitian Terdapat perbedaan peningkatan pencapaian kemampuan pemahaman matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis geometry app dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, berdasarkan gender (laki-laki, perempuan), kemampuan pemahaman matematika siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki. Pembelajaran berbantuan aplikasi geometry app memfasilitasi proses konstruksi, interaksi dan refleksi siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geometry App; Pemahaman Matematis; Gender |
Subjects: | Education Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics Geometry > Plane Geometry Geometry > Abstract Descriptive Geometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Khoirunnisa Restu Aisyah |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:04 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76737 |
Actions (login required)
View Item |