Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Geometry App untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa

Aisyah, Khoirunnisa Restu (2023) Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Geometry App untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (526kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemahaman matematika bagian dari tuntutan pendidik dan peserta didik dalam menganalisis dan memecahkan berbagai masalah matematika sesuai kehidupan di sekitar siswa, namun sebagian siswa mengalami kendala dalam memahami konsep matematika dan perlu upaya peningkatan kemampuan pemahaman tersebut. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa melalui media pembelajaran interaktif berbasis geometry app. Penelitian dilakukan di salah satu SMPN yang berada di Kabupaten Sumedang, melibatkan kelas VIII-C dan VIII-F. Metode penelitian kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Instrumen berupa observasi, tes dan angket. Hasil penelitian Terdapat perbedaan peningkatan pencapaian kemampuan pemahaman matematika antara siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis geometry app dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, berdasarkan gender (laki-laki, perempuan), kemampuan pemahaman matematika siswa perempuan lebih baik dari pada siswa laki-laki. Pembelajaran berbantuan aplikasi geometry app memfasilitasi proses konstruksi, interaksi dan refleksi siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Geometry App; Pemahaman Matematis; Gender
Subjects: Education
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Geometry > Plane Geometry
Geometry > Abstract Descriptive Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Khoirunnisa Restu Aisyah
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:04
Last Modified: 11 Sep 2023 08:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76737

Actions (login required)

View Item View Item