Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perencanaan karir siswa: Penelitian di kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 2 Garut

Dienillah, Ulfah Nur Izzati (2023) Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perencanaan karir siswa: Penelitian di kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 2 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan merupakan salah satu upaya untuk memberikan individu pengetahuan, pengalaman, dan informasi yang berkaitan dengan dirinya sendiri, maka dari itu setiap siswa perlu mendapatkan bimbingan, khususnya bimbingan kelompok untuk membantu siswa dalam perencanaan karir mereka. Mengingat Siswa di sekolah seringkali tidak dapat merencanakan karir mereka dengan baik sehingga hanya mengikuti arus dalam memilih jurusan pendidikan dan jenis pekerjaan. Alasannya mungkin berasal dari ingin meniru teman atau kelompok mereka, menuruti kata orang tua, atau karena ingin terlihat seperti orang lain yang disukainya, tanpa mempertimbangkan minat dan keahlian yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perencanaan karir siswa kelas X di jurusan Multimedia SMK Negeri 2 Garut. Kerangka pemikiran ini dituangkan dalam bentuk desain penelitian yang akan diturunkan sebagai indikator untuk membuat instrument penelitian. Desain penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas adalah Bimbingan Kelompok (X) dan variabel terikat adalah Perencanaan Karir (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner dengan model skala likert, dengan jumlah populasi 109 siswa kelas X Jurusan Multimedia SMK Negeri 2 Garut. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik purposive simple random sampling. Hasil dari penelitian ini dilakukan melalui uji regresi linier sederhana yang menunjukan bahwa sig. 0.031< alpha 0.05 maka H1 diterima dan H0 ditolak artinya terdapat pengaruh bimbingan kelompok terhadap perencanaan karir, dengan tingkatan pengaruh 0.400 dan besar pengaruh X (bimbingan kelompok) menjelaskan Y (perencanaan karir) yaitu 0.161 atau 16,1%, artinya bimbingan kelompok mampu menjelaskan perencanaan karir sebesar 16,1% selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok memiliki pengaruh positif terhadap perencanaan karir siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Perencanaan Karir; Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ulfah Nur Izzati Dienillah
Date Deposited: 11 Sep 2023 10:18
Last Modified: 11 Sep 2023 10:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76764

Actions (login required)

View Item View Item