Pengembangan E-LKPD berbasis Liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Fluida Statis

Cindrakasih, Fitria (2023) Pengembangan E-LKPD berbasis Liveworksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Fluida Statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Dalam studi kasus, hal tersebut terjadi karena kurangnya sumber belajar yang mampu menstimulus untuk berpikir kritis serta belum maksimalnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dikembangkanlah Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis liveworksheet sebagai sumber belajar yang mampu melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menilai kelayakan E-LKPD berbasis liveworksheet, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran dan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan E-LKPD berbasis liveworksheet dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pegembangan analyze, design, development, implementation, dan evaluation (ADDIE). Penelitian ini dilakukan kepada 24 sampel peserta didik dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis liveworksheet layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi fluida statis dengan persentase sebesar 91% berkategori valid, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis liveworksheet ini dikategorikan sangat baik dengan persentase aktivitas guru sebesar 100% dan aktivitas peserta didik sebesar 97% dengan interpretasi sangat baik, serta penggunaan E-LKPD berbasis liveworksheet dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dikategorikan sebagai peningkatan ratarata sedang berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,52.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; Fluida Statis; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: Education, Research
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Fitria Cindrakasih
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:09
Last Modified: 14 Sep 2023 03:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76776

Actions (login required)

View Item View Item