Pola interaksi simbolik pada NCTzen sebagai penggemar Boygroup K-Pop NCT : Studi deskriptif pada komunitas NCTzen di Kota Bandung

Firmansyah, Muhammad Fikri (2023) Pola interaksi simbolik pada NCTzen sebagai penggemar Boygroup K-Pop NCT : Studi deskriptif pada komunitas NCTzen di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya budaya populer yang menimbulkan perilaku dimana suatu individu ataupun masyarakat akan melakukan perilaku terhadap sesuatu yang digemarinya secara terus menurus yang menimbulkan sebuah fanatisme. Salah satunya fenomena penggemar K-Pop yang digemari oleh masyarakat di Indonesia. Penggemar K-Pop biasanya akan melakukan banyak hal demi idola sebagai wujud dukungannya. Banyak dari mereka yang telah membentuk atau berkontribusi pada semacam komunitas penggemar dimana didalamnya. Dimana hal ini akan membentuk suatu pola interaksi didalam komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi keputusan penggemar menjadi NCTzen dan pola interaksi penggemar NCT di komunitas NCTzen Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik yang dikemukakan oleh George Herbert Mead dengan penekanan pada pikiran (Mind), diri (Self), dan masyarakat (Society). Esensi interaksionisme simbolik adalah adanya suatu aktifitas yang menjadi ciri manusia yaitu komunikasi atau pertukaran simbol yang diberi makna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan kajian pustaka. Untuk pengambilan subjek penelitian dengan purposive sampling, dan lokasi penelitian dilakukan di wilayah Kota Bandung. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya faktor yang melatarbelakangi keputusan individu menjadi NCTzen yaitu awalnya dengan mengetahui K-Pop lalu faktor yang membuat individu tertarik pada NCT, adanya pandangan penggemar terhadap NCT, tanggapan NCTzen terhadap pandangan masyarakat, dan pandangan masyarakat terhadap penggemar NCT. Terdapat dua pola interaksi yang terjadi didalam komunitas. Pertama, interaksi asosiatif yang bentuknya seperti kerjasama, akulturasi, trip konser bersama, gathering project, birthday project, memberikan support. Kedua, interaksi disosiatif bentuknya seperti konflik atau perselisihan dan persaingan atau kompetisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi; K-Pop; Komunitas; NCT; NCTzen
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Communities
General Principles of Music and Musical Form > Popular Music
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Muhammad Fikri Firmansyah
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:55
Last Modified: 11 Sep 2023 07:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76806

Actions (login required)

View Item View Item