Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Make a Match hubungannya dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Asmaul Husna : Penelitian di kelas X SMAN 26 Bandung

Putri, Akrama Ideal (2023) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Make a Match hubungannya dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Asmaul Husna : Penelitian di kelas X SMAN 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMAN 26 Bandung, diperoleh informasi bahwa guru PAI sudah menerapkan model pembelajaran make a match dan tanggapan siswa yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran sudah dilaksanakan secara optimal sesuai dengan prosedurnya. Akan tetapi, minat belajar mereka masih rendah. Dilihat dari masih ditemukan siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang menjelaskan, melakukan kegiatan lain seperti tidur, mengobrol, dan jika guru bertanya beberapa siswa tidak merespon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran make a match, 2) Minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Asmaul Husna, 3) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran make a match hubungannya dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Asmaul Husna. Berdasarkan teori yang ada, tanggapan dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Tanggapan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada aspek psikologis yang termasuk ke dalam faktor internal. Tanggapan akan menghadirkan minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran make a match dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Asmaul Husna. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: 1) Pendekatan kuantitatif dengan metode kolerasional. 2) Sumber penelitian adalah siswa kelas X SMAN 26 Bandung dengan populasi 353 siswa diambil sampel sebanyak 35 siswa. 3) Tempat dan waktu penelitian di SMAN 26 Bandung dari tanggal 28 Juli sampai dengan 2 Agustus 2023. 4) Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui angket, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. 5) Teknik analisis data dengan analisis parsial dan korelasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran make a match di kelas X SMAN 26 Bandung termasuk kualifikasi positif. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata 3,98 berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Asmaul Husna di kelas X SMAN 26 Bandung termasuk kualifikasi tinggi dengan nilai rata-rata 3,67 berada pada skala 3,40 – 4,19. 3) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran make a match hubungannya dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Asmaul Husna di kelas X SMAN 26 Bandung termasuk kategori sedang dengan nilai 0,42 yang berada pada interval 0,40 – 0,59. Hasil uji hipotesis thitung 2,65 > ttabel 2,03, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran make a match dengan minat belajar mereka pada mata pelajaran PAI materi Asmaul Husna di kelas X SMAN 26 Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan siswa; model pembelajaran; Make a Match; minat belajar;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akrama Ideal Putri
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:40
Last Modified: 22 Sep 2023 03:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76809

Actions (login required)

View Item View Item