Efektivitas penggunaan Zoom dan WhatsApp Group dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati

Ramadanti, Gita Silvia (2023) Efektivitas penggunaan Zoom dan WhatsApp Group dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER...pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRACK.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)

Abstract

Sistem pendidikan mengalami perubahan karena adanya wabah virus corona (COVID-19). Pembelajaran tatap muka telah diubah menjadi pembelajaran daring dengan bantuan media online seperti zoom dan whatsapp group. Penelitian ini memiliki tujuan untuk Menganalisis efektivitas penggunaan zoom dan whatsapp group dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif siswa dan respon siswa kelas X MIPA 4 pada materi keanekeragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.. Data yang didapat berupa hasil wawancara guru, jenis angket respon siswa mengenai efektivitas penggunaan zoom dan whatsapp group terhadap pembelajaran daring 26 pernyataan, angket yang telah diisi siswa lalu diolah menggunakan Microsoft excel 2016 dan SPSS 25.00. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rata-rata hasil wawancara guru 58,85% (sedang) yang menunjukkan penggunaan zoom dan whatsapp group kurang efektif. 2) Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati 57,22 masih kurang dari KKM. 3) Rata-rata respon siswa dikatakan positif dikategorikan baik dengan nilai rata-rata adalah 3,95. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan zoom dan whatsapp dalam pembelajaran daring kurang efektif terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Zoom dan WhatsApp Group; Pembelajaran Daring; Hasil Belajar;
Subjects: Adult Education > Distance Education
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Gita Silvia Ramadanti
Date Deposited: 11 Sep 2023 05:16
Last Modified: 11 Sep 2023 05:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76824

Actions (login required)

View Item View Item