Nilai-nilai bimbingan konseling Islam dalam buku Self Healing With Qur’an karya Ummu Kalsum IQT : Analisis wacana model Teun A. Van Dijk

Akila, Astisofia Selsha (2023) Nilai-nilai bimbingan konseling Islam dalam buku Self Healing With Qur’an karya Ummu Kalsum IQT : Analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab 1.pdf

Download (865kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (781kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy

Abstract

Self Healing menjadi perbincangan di sosial media, terutama dikalangan anak muda. Ketika kegalauan merajai hati, bertahta pada jiwa, maka yang dicari adalah kesenangan duniawi, yang tenang dan senang hanya sementara. Hal seperti ini sangat mudah diterima dan saling membenarkan hingga menjadi suatu kebiasaan. Melihat hal itu terjadi, penulis buku Self Healing With Qur’an yaitu Ummu Kalsum IQT merasa kaum muda perlu diberikan pemahaman bahwa semua unsur duniawi tidak akan bisa menyembuhkan jiwa secara utuh. Namun, hanya kembali kepada Allah Swt dan mendekati al-Qur’an-lah luka jiwa akan sembuh. Tujuan pada penelitian ini untuk mengkaji nilai-nilai bimbingan konseling Islam yang terdapat didalam buku Self Healing With Qur’an Karya Ummu Kalsum IQT. Nilai-nilai yang dimaksud adalah yang berhubungan dengan Tuhan, Lingkungan dan Diri sendiri. Penelitian ini bertolak pada kerangka pemikiran tentang bimbingan konseling Islam, pesan pada nilai-nilai bimbingan konseling Islam, dan analisis wacana untuk mengetahui nilai bimbingan konseling Islam yang terkandung didalam buku Self Healing With Qur’an yang didalamnya terdapat tauhid sebagai keyakinan terhadap ke-Esa-an Allah Swt, Tawakkal sebagai kepasrahan hamba terhadap Allah Swt, Muhasabah sebagai refleksi dan evaluasi diri, Empati serta Adil sebagai kepedulian dan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain. Hal ini selaras dengan upaya untuk mengarahkan kepada self healing terbaik yaitu kembali kepada Allah dan al-Qur’an. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis wacana model Teun A. Van Dijk. Metode ini menggambarkan tiga dimensi pada teks, kognisis sosial, dan konteks sosial dalam tiga tingkatan struktur yaitu struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro. Struktur makro merupakan makna dari global pada suatu teks yang dapat dipahami dengan melihat topic dari suatu teks. Superstruktur adalah kerangka dari suatu teks. Struktur mikro adalah makna wacana yang dapat diamati dengan menganalisis kata, kalimat, proposisi, anak kalimat, frasa yang digunakan pada teks. Berdasarkan analisis yang dilakukan, peneliti menemukan nilai-nilai bimbingan konseling Islam yang terdapat pada buku Self Healing With Qur’an yaitu Tauhid dan Tawakkal (Allah Swt sebagai korelasinya), Kesadaran diri dan Pengembangan diri (Diri sendiri sebagai korelasinya), dan Empati dan Adil (Lingkungan sebagai korelasinya).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: nilai; bimbingan konseling islam; self healing; buku;
Subjects: The Book
Use of Other Information Media
Use of Other Information Media > Reviews
Islam > Text of Payers
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Astisofia Selsha Akila
Date Deposited: 12 Sep 2023 00:36
Last Modified: 12 Sep 2023 00:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76834

Actions (login required)

View Item View Item