Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTs Kifayatul Akhyar Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Latifah, Umi (2023) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap siswa kelas VIII MTs Kifayatul Akhyar Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MTs Kifayatul Achyar Bandung, pada dasarnya dalam proses pembelajaran guru telah menerapkan berbagai macam model pembelajaran, diantaranya diskusi,tanya jawab dan disertai dengan ceramah. Namun, dilihat dari hasil belajar masih ditemukan siswa yang nilainya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dengan ini, penulis tertarik untuk mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning; (2) Hasil belajar siswa sebelum dan setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning; (3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji terhadap sesama di kelas VIII MTs Kifayatul Achyar Cibiru Bandung. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan pendekatan yang melibatkan siswa aktif, dapat membantu siswa memperluas pengetahuan, meningkatkan berfikir kritis dan memudahkan memahami konsep-konsep yang dipelajari. Sehingga model ini dipandang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan dan metode yang digunakan penulis adalah pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Subjek penelitiannya di kelas VIII MTs Kifayatul Achyar yang berjumlah 27 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan observasi. Teknik analisis menggunakan metode statistik deskriptif dan statistik non parametrik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak terlaksana sangat baik dengan hasil observasi 88,30%; (2) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning termasuk kategori baik dengan nilai sebesar 74,50, dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model ini termasuk kategori sangat baik dengan nilai sebesar 86,30; (3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,46. Uji hipotesis menunjukan nilai Zhitung (4,88) > Ztabel (1,96) sehingga diinterpretasikan terdapat peningkatan yang signifikan dengan demikian hipotesis diterima yang artinya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Kifayatul Achyar secara signifikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Problem Based Learning; Hasil Belajar;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umi Latifah
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:45
Last Modified: 11 Sep 2023 06:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76835

Actions (login required)

View Item View Item