Penerapan kaidah bahasa Jurnalistik pada judul berita media Online : Studi pada berita media Online Ayobandung.com edisi Juli 2022

Fadil, Aufa Ahmad (2022) Penerapan kaidah bahasa Jurnalistik pada judul berita media Online : Studi pada berita media Online Ayobandung.com edisi Juli 2022. Sarjana thesis, Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTRA PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)

Abstract

Bahasa jurnalistik adalah bahasa yang digunakan oleh wartawan baik redaktur atu pengelola media massa dalam menyusun hingga menayangkan berita, dengan tujuan agar mudah dipahami isi dan maknanya. Penulisan Judul dalam suatu berita sangat penting karena mewakili isi dari suatu berita yang dimuat, sehingga judul yang ditulis di bagian atas harus benar-benar menjelaskan inti dari subtamsi berita, akan tetapi masih terdapat beberapa penulisan judul bertita media Online yang belum sesuai dengan kaidah bahasa jurnalistik. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui bahasa jurnalistik kata baku, sederhana, dan jelas pada penulisan judul berita media Online Ayobandung.com. Penelitian ini menggunakan meetode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan paradigma penelitian kontruktivisme untuk mencapai tujuan dari penelititan ini. Hasil penelitian ini menunjukan penulisan judul berita pada portal media Online Ayobandung.com penggunaan kata baku ditunjukan dengan penggunaan kata yang sesuai dengan EYD dan terdapat pada KBBI juga memiliki makna serupa dengan ap yang dimaksud pada judul berita media tersebut. Penggunan kata sederhana pada judul berita media Online Ayobandung.com sudah dapat mudah dipahami dari berbagai kalangan baik secara demografi, psikologis, maupun kalangan, penggunaan kata jelas pada judul berita media Online Ayobandung.com telah menerapkan kaidah bahasa jurnalistik jelas, meski tidak secara utuh dan sempurna namun sudah memenuhi syarat indicator jelas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Jurnalistik; Judul Berita; Media Online; AyoBandung.com
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Aufa Ahmad Fadil
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:07
Last Modified: 11 Sep 2023 08:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76855

Actions (login required)

View Item View Item