Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Assets (ROA) pada perbankan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2022

Wijianingsih, Neng Ani (2023) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Assets (ROA) pada perbankan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Industri perbankan merupakan industri yang sangat berpengaruh di Indonesia terutama bank BUMN. Bank BUMN merupakan bank yang sebagian besar modal kepemilikannya dimiliki oleh pemerintah dan mampu meningkatkan perekonomian di suatu negara. Oleh karena itu bank perlu menjaga tingkat kesehaan atas asetnya dengan memaksimalkan return sebagai bentuk kepercayaan dan juga ekspansi usahanya. Sehingga aspek-aspek yang dapat mempengaruhi Return On Assets harus diperhatikan dengan menilai kesehatan bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah terdapat dampak dari Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Asset (ROA). Variabel pertama, X1, adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), sedangkan variabel kedua, X2, merupakan Non Performing Loan (NPL). Return On Asset (ROA) merupakan variabel dependen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan bersifat sekunder, yaitu laporan keuangan yang memenuhi kriteria tertentu. Data ini diambil dari laporan keuangan yang diterbitkan dalam laporan tahunan. Total data yang digunakan sebanyak 60 data, yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan pendekatan data panel menggunakan perangkat lunak Eviews 12. Hasil dari penelitian ini menunjukan secara parsial bahwa Capital Adequacy Ratio (CAR) bepengaruh negatif signifikan terhadap Return On Asset (ROA), hal ini dibuktikan dari haril pengolahan data dengan nilai tHitung > tTabel yaitu 2,886029 > 2,00172 dan nilai signifikan 0,0056 < 0,05. Non Performing Loan (NPL) berpengaruh negatif secarasignifikan terhadap Return On Asset (ROA), hal ini dibuktikan dengan nilai tHitung > tTabel yaitu 2,320896 > 2,00172 dan nilai signifikansi 0,0241< 0,05. Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA), hal ini dibuktikan dengan nilai FHitung > FTabel yaitu 25,89025 > 4,0099. Serta nilai R2 sebesar 70% yang artinya Return On Asset (ROA) mampu dijelaskan oleh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) sebesar 70% sedangkan 30% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak di teliti oleh penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Non Performing Loan (NPL); Return On Asset (ROA);
Subjects: Accounting
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Neng Ani Wijianingsih
Date Deposited: 11 Sep 2023 09:18
Last Modified: 11 Sep 2023 09:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76860

Actions (login required)

View Item View Item