Pengaruh Servant Leadership Kepala Madrasah dan Perilaku Organisasi terhadap Kinerja Guru: Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung

Hakim, Suci (2023) Pengaruh Servant Leadership Kepala Madrasah dan Perilaku Organisasi terhadap Kinerja Guru: Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru adalah kepemimpinan kepala madrasah. Kepala madrasah memiliki peran penting dalam meningkatkan kinerja guru sebagai sumber daya manusia untuk mencapai tujuan pendidikan serta memiliki peranan dalam perkembangan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Servant Leadership Kepala Madrsash di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung, 2) Perilaku Organisasi di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung, 3) Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung, 4) Pengaruh Servant Leadership Kepala Madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung, 5) Pengaruh perilaku organisasi terhadap kinerja guuru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung, 6) Pengaruh Servant Leadership Kepala Madrasah dan perilaku organisasi terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah menggunakan angket kuisioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 guru, namun penelitian ini membatasi populasi pada guru dengan menggunakan rumus Slovin untuk menghitung sampel penelitian, diperoleh sampel penelitian berjumlah 50 guru. Data yang diperoleh mselanjutnya dianalisis menggunakan beberapa metode analisis data seperti uji instrumen (uji validitas dan uji reliabbilitas), uji normalitas data, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskidastisitas), uji hipotesis (uji t, uji F dan uji R2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Servant leadership kepala madrasah pada MAN se-Kabupaten Bandung termasuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,80. 2) Perilaku organisasi pada MAN se-Kabupaten Bandung termasuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,17. 3) Kinerja guru pada MAN se-Kabupaten Bandung termasuk pada kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,19. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara servant leadership kepala madrsash terhadap kinerja guru, dengan nilai signifikasi 0,048 < 0,05 dan thitung 2,149 > ttabel 2,009. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku organisasi terhadap kinerja guru, dengan nilai signifkansi 0,034 < 0,05 dan thitung 2,030 > ttabel 2,009. 6) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersamaan antara servant leadership kepala madrasah dan perilaku organisasi terhadap kinerja guru pada MAN se-Kabupaten Bandung, dengan nilai signifikansi 0,033 < 0,05 dan fhitung 13,665 > ftabel 4,050. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 38,7%. Sedangkan 61,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar dari variabel servant ledership dan perilaku organisasi seperti faktor budaya sekolah dan pelatihan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Servant Leadership Kepala Madrasah; Perilaku Organisasi; Kinerja Guru;
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Education > Organization of Education
General Management > Education, Research of Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: suci hakim
Date Deposited: 11 Sep 2023 06:25
Last Modified: 11 Sep 2023 07:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76862

Actions (login required)

View Item View Item