Implementasi metode Amtsilati dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Manglid Cikancung

Ningrum, Fitria (2023) Implementasi metode Amtsilati dalam pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Manglid Cikancung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya kemerosotan akhlak dari berbagai kalangan terutama dikalangan pelajar. Lembaga pendidikan yang menjadi sandaran untuk dapat meningkatkan akhlak dan intelektual kini semakin jauh dari tujuan semula, mulai dari sistem, metode, dan faktor-faktor yang menunjangnya masih kurang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui nilai-nilai akhlak dari penerapan metode amtsilati; (2) Untuk mengetahui realitas pelaksanaan metode amtsilati dalam pembentukan akhlak; (3) Untuk mengetahui hasil pembentukan akhlak santri melalui metode amtsilati; (4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak santri melalui metode amtsilati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif, penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis adalah suatu bentuk penelitian yang paling dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui empat alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukan bahwa: (1) Adanya nilai-nilai akhlak dari penerapan metode amtsilati diantaranya nilai jujur, kerja keras, disiplin, sabar patuh. Selain itu juga terdapat nilai-nilai akhlak dalam bait-bait amtsilati diantaranya nilai istiqomah, ikhlas, tawadhu dan sungguh-sungguh. (2) Realitas pelaksanaan Metode amtsilati di Pondok Pesantren Manglid sudah berjalan dengan baik, dari segi materi terdapat bait-bait amtsilati yang mengandung nilai-nilai akhlak, kemudian proses pelaksanaan pembelajaran amtsilati dilaksanakan secara aktif, komunikatif serta terjadinya interaksi secara langsung antara guru dengan santri atau santri dengan santri atau juga proses pemahaman kitab amtsilati oleh santri sendiri, maka hal ini dapat menyebabkan terbentuknya nilai-nilai akhlak dari diri santri. (3) Hasil dari pembentukan akhlak melalui metode amtsilati yaitu akhlak santri tampak terlihat baik setelah mereka belajar amtsilati, santri memiliki akhlak yang jujur, sabar, kerja keras dan sungguh-sungguh. (4) Adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian metode amtsilati dalam pembentukan akhlak santri, faktor pendukung diantaranya ada faktor pembelajaran kitab lain yang membahas mengenai akhlak dan faktor lingkungan yang baik. Faktor penghambat diantaranya ada faktor waktu dan faktor tempat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Iplementasi; Amtsilati; Akhlak
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fitria Ningrum
Date Deposited: 12 Sep 2023 08:21
Last Modified: 12 Sep 2023 08:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76882

Actions (login required)

View Item View Item