Peranan Coping Style sebagai moderator dalam pengaruh stres akademik terhadap kesejahteraan akademik mahasiswa

Kusumah, Dimas Prana (2023) Peranan Coping Style sebagai moderator dalam pengaruh stres akademik terhadap kesejahteraan akademik mahasiswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (656kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir, ada penekanan yang semakin berkembang mengenai kesejahteraan salah satunya dalam hal kesejahteraan akademik mahasiswa. Kesejahteraan akademik adalah kondisi di mana mahasiswa merasa dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka, seperti keamanan, koneksi sosial, dan kesempatan belajar yang memadai, dan mampu mengatasi tantangan dan stres yang terkait dengan lingkungan akademik mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres akademik terhadap kesejahteraan akademik dengan peran coping style sebagai variabel moderator. Rancangan kuantitatif dengan analisis regresi dan analisis moderasi digunakan terhadap 286 subjek yang terdiri dari 100 laki-laki dan 186 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres akademik berpengaruh secara signifikan terhadap kesejahteraan akademik dengan koefisien determinasi sebesar 7.9%. Coping style berperan menjadi moderator dan memperkuat pengaruh stres akademik terhadap kesejahteraan akademik dengan peningkatan koefisien determinasi menjadi 12.6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa coping style dapat memoderatori pengaruh stres akademik terhadap kesejahteraan akademik, dalam hal ini coping style memperkuat pengaruh stres akademik terhadap kesejahteraan akademik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Stres Akademik; Kesejahteraan Akademik; Coping Style;MRA;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Adults
Differential and Developmental Psychology > Stress
Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Dimas Prana Kusumah
Date Deposited: 12 Sep 2023 03:47
Last Modified: 12 Sep 2023 03:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76926

Actions (login required)

View Item View Item