Penerapan metode pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi iman kepada hari akhir: penelitian quasy experiment pada siswa kelas ix smp pgri citeureup bogor.

Azhari, Faiz (2023) Penerapan metode pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi iman kepada hari akhir: penelitian quasy experiment pada siswa kelas ix smp pgri citeureup bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-1.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-1.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1-1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMP PGRI Citeureup Bogor, diketahui bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong rendah. Namun guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX sudah menggunakan metode Discovery Learning dengan baik yang semestinya berimplikasi terhadap motivasi belajar siswa. Dengan kata lain, siswa seharusnya memiliki motivasi belajar yang tinggi. Namun pada kenyataannya tidaklah demikian Hal itu dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran PAI, siswa menganggap bahwa pelajaran PAI adalah pelajaran yang cenderung membosankan, dan siswa merasa jenuh dan juga mengantuk ketika guru terlalu banyak menjelaskan materi. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui realitas motivasi belajar siswa sebelum diterapkannya metode pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran PAI di kelas IX SMP PGRI Citeureup. (2) Untuk mengetahui realitas motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran PAI di kelas IX SMP PGRI Citeureup. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa metode pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sebab dengan pembelajaran Discovery Learning siswa bisa bekerjasama untuk saling memotivasi satu sama lain, selain itu siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan menumbuhkan sikap saling menghargai satu sama lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy experiment model nonequivalent control group. Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas IX A sebagai kelas kontrol dan 30 orang peserta didik kelas IX B sebagai kelas eksperimen di SMP PGRI Citereup. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, uji dua rerata, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Proses penerapan metode discovery learning (DL) dalam mata pelajaran PAI Kelas IX di SMP PGRI Citereup dapat di kategorikan baik secara menyeluruh sesuai dengan tahapan yang direncanakan. Hal ini ditinjau dari perolehan skor hasil observasi pembelajaran dengan skor rata-rata yang diperoleh yaitu 91.5%. (2) Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa yang dipengaruhi dari penerapan metode discovery learning (DL) yang dilakukan dalam mata pelajaran PAI di kelas IX B (kelas eksperimen) SMP PGRI Citereup. Hal tersebut dapat ditinjau berdasarkan hasil uji dua rerata yang telah dilakukan yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata motivasi kelas IX B sebelum diterapkannya metode discovery learning adalah 70, sedangkan setelah diterapkannya metode discovery learning menjadi 75, atau dapat di interpretasikan terdapat peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; discovery learning; motivasi belajar; pendidikan agama islam:
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faiz Azhari
Date Deposited: 12 Sep 2023 00:36
Last Modified: 12 Sep 2023 00:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76960

Actions (login required)

View Item View Item