Qurratu'Aini, Khansa (2023) Pengembangan E-Modul berbasis pola argumentasi Toulmin terintegrasi multirepresentasi untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (277kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (354kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
Abstract
E-Modul adalah bahan ajar digital untuk membantu peserta didik mencapai keterampilan tertentu, contohnya keterampilan argumentasi. Penelitian pengembangan e-modul berbasis pola argumentasi toulmin terintegrasi multirepresentasi bertujuan untuk mengetahui 1) kelayakan e-modul; 2) keterlaksanaan pembelajaran; 3) peningkatan keterampilan argumentasi; 4) respon guru dan peserta didik pada penggunaan e-modul. Penelitian dilakukan menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA MAS Manba’ul Huda Bandung dengan sampel 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi e-modul, lembar observasi, soal argumentasi, dan angket respon. Teknik analisis dilakukan dengan pengolahan skor lembar validasi e-modul, skor lembar observasi, n-gain, uji-t paired sample test, dan skor angket respon. Hasil penelitian diperoleh 1) E-Modul sangat layak digunakan dalam pembelajaran momentum dan impuls dengan persentase 81%, 2) Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul dikategorikan baik dengan persentase 82%, 3) E-Modul dapat meningkatkan keterampilan argumentasi pada kategori tinggi dengan n-gain 0,72 dan Sig(2-tailed) 0.000 dengan taraf siginifikansi 0,05 artinya H_0 ditolak dan H_a diterima. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan argumentasi sebelum dan setelah menggunakan e-modul, 4) Tanggapan guru dan peserta didik pada penggunaan e-modul sangat baik dengan persentase 98% dan 84%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul; Keterampilan Argumentasi; Momentum dan Impuls; Multirepresentasi; Pola Argumentasi Toulmin |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Khansa Qurratu 'Aini |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 02:34 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 00:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76981 |
Actions (login required)
View Item |