Hamijaya, Nur Fitriani (2023) Perbandingan model pembelajaran penemuan dan pembelajaran berbasis masalah terhadap Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) siswa pada materi Sistem Imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir sistem (KBS) merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa pada pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan model pembelajaran penemuan dan pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir sistem (KBS) siswa pada materi sistem imun. Penelitian mix method desain embedded. Perangkat penelitian berupa RPP dan LKPD. Instrumen penelitian: lembar observasi keterlaksanaan, soal uraian terbatas indikator KBS, assessment produk peta konsep, dan lembar kuesioner kendala siswa. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa mencapai kriteria sangat baik. Peningkatan KBS siswa pada kelas PP memperoleh nilai N-gain sebesar 0,64 (sedang), sedangkan nilai N-gain pada kelas PBM sebesar 0,61 (sedang). Hasil statistik uji Mann-whitney menunjukkan Zhitung ≥ Ztabel (terdapat perbedaan model PP dan PBM pada KBS siswa). Hasil assessment produk pada kelas PP memperoleh nilai lebih besar (88,3) dengan kriteria tinggi daripada kelas PBM (77,9) yang berkriteria sedang. Kendala siswa pada kelas PP lebih banyak ditemukan pada saat mengidentifikasi masalah. Pada pembelajaran PBM kendala ditemukan pada saat merumuskan dan mempresentasikan hasil kerja.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KBS; Model PBM; Model PP; Sistem Imun |
Subjects: | Education Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Fitriani Hamijaya |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 05:46 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 05:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77018 |
Actions (login required)
View Item |