Perbandingan model pembelajaran penemuan dan pembelajaran berbasis masalah terhadap Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) siswa pada materi Sistem Imun

Hamijaya, Nur Fitriani (2023) Perbandingan model pembelajaran penemuan dan pembelajaran berbasis masalah terhadap Keterampilan Berpikir Sistem (KBS) siswa pada materi Sistem Imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir sistem (KBS) merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai siswa pada pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan model pembelajaran penemuan dan pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir sistem (KBS) siswa pada materi sistem imun. Penelitian mix method desain embedded. Perangkat penelitian berupa RPP dan LKPD. Instrumen penelitian: lembar observasi keterlaksanaan, soal uraian terbatas indikator KBS, assessment produk peta konsep, dan lembar kuesioner kendala siswa. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa mencapai kriteria sangat baik. Peningkatan KBS siswa pada kelas PP memperoleh nilai N-gain sebesar 0,64 (sedang), sedangkan nilai N-gain pada kelas PBM sebesar 0,61 (sedang). Hasil statistik uji Mann-whitney menunjukkan Zhitung ≥ Ztabel (terdapat perbedaan model PP dan PBM pada KBS siswa). Hasil assessment produk pada kelas PP memperoleh nilai lebih besar (88,3) dengan kriteria tinggi daripada kelas PBM (77,9) yang berkriteria sedang. Kendala siswa pada kelas PP lebih banyak ditemukan pada saat mengidentifikasi masalah. Pada pembelajaran PBM kendala ditemukan pada saat merumuskan dan mempresentasikan hasil kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: KBS; Model PBM; Model PP; Sistem Imun
Subjects: Education
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur Fitriani Hamijaya
Date Deposited: 12 Sep 2023 05:46
Last Modified: 12 Sep 2023 05:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77018

Actions (login required)

View Item View Item