Tamarin, Vina (2023) Analisis kemampuan literasi numerasi pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
Abstract
Literasi numerasi merupakan sebuah keterampilan dalam menerapkan segala bentuk rancangan dan kaidah matematika dalam kehidupan sehari-hari. literasi numerasi penting dengan dibuktikannya mampu dalam menyelesaikan segala permasalahan yang berbentuk angka dan bilangan serta keterampilan matematika dalam menemukan solusi terhadap fenomena yang terjadi, guna menyelesaikan permasalahan yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah. 2) Mendeskripsikan kesulitan yang dialami siswa dalam penguasaan kemampuan literasi numerasi di kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Indikator yang digunakan yaitu Knowing (Pengetahuan dan Pemahaman), Applying (Penerapan), dan Reasoning (Penalaran). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan kepada siswa kelas V MI Al-Misbah Kota Bandung dengan menggunakan intrumen penelitian yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini yaitu Kemampuan siswa dalam literasi numerasi di kelas V MI Al- Misbah Al-Misbah Kota Bandung diperoleh nilai rata-rata 54. Siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa dari jumlah siswa 58 orang. Dari penjabaran kesulitan yang dialami siswa yang berasal dalam diri (Internal) maupun dari luar diri (Eksternal) merupakan kesulitan yang menjadi pendukung atas kurangnya kemampuan literasi numerasi ketika siswa diberikan soal tes. Siswa yang mengalami kesulitan tidak semata-mata hanya karena siswa tidak mengerti namun banyak faktor lainnya yang menyebabkan kurangnya siswa pada kemampuan literasi numerasi. Maka disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam literasi numerasi di kelas V MI Al- Misbah Al-Misbah Kota Bandung diperoleh nilai rata-rata 54 masuk ke dalam dengan kategori kurang. Kemudian siswa juga mengalami kesulitan yang dialami siswa yang berasal dalam diri (Internal) maupun dari luar diri (Eksternal).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Numerasi; Siswa; Kemampuan; |
Subjects: | Education > General Publications of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Analysis, Theory of Functions Numerical Analysis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Vina Tamarin |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 01:02 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 01:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77089 |
Actions (login required)
View Item |