Efektivitas Kefir dan Sinbiotik kefir kulit kopi arabika (Coffea Arabica L.) terhadap Osifikasi dan panjang badan Larva ikan Zebra (Danio Rerio)

Novi Ranti, Sophi (2023) Efektivitas Kefir dan Sinbiotik kefir kulit kopi arabika (Coffea Arabica L.) terhadap Osifikasi dan panjang badan Larva ikan Zebra (Danio Rerio). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Kefir merupakan produk susu fermentasi yang diduga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan tulang. Kulit kopi arabika memiliki senyawa aktif antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Penambahan ekstrak kulit kopi arabika dengan kefir dapat memperoleh sinbiotik yang bermanfaat dalam penyerapan nutrisi sehingga meningkatkan pertumbuhan, salah satunya adalah pertumbuhan tulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian kefir dan kefir sinbiotik kulit kopi arabika terhadap osifikasi dan pertambahan panjang badan larva ikan zebra yang diinduksi rotenon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimental dengan melibatkan 4 perlakuan yaitu kontrol, rotenon, kefir, dan kefir kulit kopi. Paparan rotenon diberikan pada embrio ikan zebra sejak usia 2 hours post fertilization (hpf) hingga 48 hpf dengan konsentrasi 12,5 ppb. Larva diamati pertumbuhannya dan diukur pertambahan panjang badannya pada usia 3 day post fertilization (dpf) hingga usia 9 dpf dengan menggunakan software image raster. Pengukuran kepadatan warna menggunakan software image J. Kemudian, dilakukan analisis menggunakan software SPSS dengan uji anova. Hasil penelitian menunjukkan adanya pertambahan panjang badan larva ikan zebra yang diinduksi rotenon pada kelompok K3 dan K4. Terdapat perbedaan rata rata panjang badan larva ikan zebra secara signifikan pada hari ke-6. Sedangkan pada hasil pengukuran ekspresi tulang keras diperoleh hasil bahwa kelompok rotenon memiliki nilai integrated density lebih rendah dari kelompok yang lain. Secara statistik, tidak terdapat perbedaaan yang signifikan antar kelompok. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kefir dan sinbiotik kefir kulit kopi arabika dapat meningkatkan pertambahan panjang badan namun menurunkan nilai kepadatan tulang larva ikan zebra.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: hanya diizinkan upload halaman awal oleh dosen pembimbing
Subjects: Biology > Biologist
Physiology > Animals Physiology
Physiology > Growth Hormones
Pharmacology and Therapeutics > Toxicology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Sophi Novi Ranti
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:56
Last Modified: 13 Sep 2023 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77091

Actions (login required)

View Item View Item