Strategi tabligh Ustadz Hilman Fauzi dalam membangun Brand Awareness Komunitas Teman Hijrah: Penelitian di Komunitas Teman Hijrah Kelurahan Tegallega Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor

Firdaus, Nadzar (2023) Strategi tabligh Ustadz Hilman Fauzi dalam membangun Brand Awareness Komunitas Teman Hijrah: Penelitian di Komunitas Teman Hijrah Kelurahan Tegallega Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Di era milenial saat ini, banyak muncul muballigh dengan ciri khas dan pendekatan yang berbeda dalam menyebarkan ajaran Islam, salah satunya adalah Ustadz Hilman Fauzi. Beliau dikenal sebagai Ustadz muda milenial karena dakwahnya yang lebihsantai dan ditujukan kepada kaum muda. Ustadz Hilman Fauzi selalu menekankan pentingnya suasana kekeluargaan dalam kegiatan tablighnya, sehingga tidak ada sekat antara dirinya dan para muballagh. Ditambah lagi, gaya bahasanya yang menggunakan kata-kata bijak menciptakan suasana pengajian yang menyenangkan, sehingga pesan dakwahnya dapat tersampaikan dengan mudah dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis strategi tabligh yang digunakan oleh Ustadz Hilman Fauzi. Secara rinci, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi konsep tabligh yang digunakan, strategi penggunaan metode dan model dalam membangun Brand Awareness Komunitas Teman Hijrah. Penelitian ini didasarkan pada 3 teori diantaranya: Pertama, teori strategi Fred R. David mengatakan bahwa strategi adalah seni dan ilmu untuk membuat, menerapkan, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan suatu organisasi mencapai tujuannya. Kedua, teori komunikasi interpersonal, Dedy Mulyana mengartikan sebagai komunikasi antar setiap orang secara tatap muka atau langsung. sehingga setiap orang yang terlibat dalam komunikasi interpersonal dapat memahami tanggapan lawan bicaranya, baik verbal maupun non verbal. Ketiga, teori retorika, Aristoteles mengemukakan terdapat dua asumsi dalam teori retorika yaitu asusmi pertama dalam konteks public speaking dan asumsi kedua yang mendasari teori Aristoteles berkaitan dengan apa yang dilakukan pembicara dalam persiapan pidato mereka dan pembuatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneltian ini dilakukan berdasarkan situasi sosial yang terdiri dari tempat, pelaku dan kegiatan yang berkaitan. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme atau interpretif (fenomenologis atau sosio-cultural), dikarenakan penelitian berfokus menginterpretasikan atau mendeskripsikan secara mendalam apa yang terjadi di balik suatu fenomena atau fakta lapangan, penelitian dengan paradigma ini diperuntukkan untuk memahami pengalaman manusia lain atau fenomena yang terjadi di lapangan. Temuan hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi konsep tabligh Ustadz Hilman Fauzi yaitu Sentuhan Hati . Metode tabligh yang digunakan yaitu dengan metode ceramah, metode muhasabah dan metode diskusi.Model tabligh yang digunakan yaitu dengan pendekatan Amar Ma’ruf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Tabligh; Brand Awareness; Komunitas Teman Hijrah
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Firdaus Nadzar Akbar
Date Deposited: 13 Sep 2023 03:38
Last Modified: 13 Sep 2023 03:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77106

Actions (login required)

View Item View Item