Persepsi santri terhadap isi pesan dakwah tentang salat pada animasi Riko The Series: Studi deskriptif kualitatif di Madrasah Diniyah Ula Persis 60 Katapang

Marjany, Arina (2023) Persepsi santri terhadap isi pesan dakwah tentang salat pada animasi Riko The Series: Studi deskriptif kualitatif di Madrasah Diniyah Ula Persis 60 Katapang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dimanfaatkan oleh penggiat dakwah salah satunya Animasi Riko The Series memanfaatkan youtube sebagai media untuk menyampaikan dakwah, karena youtube dapat diakses oleh semua kalangan dengan mudah. Sasaran youtube salah satunya anak-anak, animasi Riko The Series menyuguhkan pembahasan berkonsep edukasi dan entertainment yang memiliki berbagai pesan dakwah seperti syari’ah, akidah, dan akhlak. Anak-anak menyukai hal yang berbau animasi dengan alasan tayangan tersebut menarik dan belajar tidak akan membosankan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi santri terhadap isi pesan dakwah tentang salat pada animasi Riko The Series melalui tiga fokus penelitian. Tiga fokus penelitian ini meliputi proses penerimaan rangsangan, pemahaman, dan penilaian santri. Penelitian ini berdasar pada teori persepsi model Bimo Walgito yang dikemukakan dalam Walgito (2010:102-104) yaitu penerimaan rangsangan, pemahaman, dan penilaian. Penerimaan rangsangan merupakan diterimanya rangsangan melalui alat indra kemudian terjadi sebuah gambaran, tanggapan, dan kesan pada indiviu. Pemahaman adalah individu menyadari apa yang telah dilihat, didengar, diraba, dirasa, dan dicium kemudian diorganisir, diklarifikasi, dan ditafsirkan oleh individu sehingga manjadi sebuah makna. Penilaian ialah pemahaman yang baru diperoleh individu dibandingkan dengan pendapat yang sebelumnya dimiliki individu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi deskriptif kualitatif untuk menggambarkan hasil penelitian secara mendalam mengenai persepsi santri terhadap isi pesan dakwah tentang salat pada animasi Riko The Series. Metode kualitatif dilakukan dengan cara wawancara dengan santri kelas 5 (lima) di Madrasah Diniyah Ula Persis 60 Katapang. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, (1) Pada proses penerimaan rangsangan, para santri melakukan seleksi terhadap rangsangan yang diterima yaitu menerima gambaran tokoh dan isi cerita serta tanggapan dan kesan mengenai tayangan animasi Riko The Series. (2) Dalam proses pemahaman, para santri memahami lebih rinci isi pesan dakwah tentang salat pada animasi Riko The Series dan karakter dari tokoh yang berada di dalamnya berdasarkan rangsangan melalui penglihatan dan pendengaran. (3) Pada proses penilaian, para santri mengutarakan penilaian berupa pendapatnya mengenai isi pesan dan penyampaian yang dilakukan animasi Riko The Series serta manfaat dan pesan yang dapat diambil. Para santri menilai sikap dengan membandingkan dirinya dengan karakter dari tokoh-tokoh yang terdapat pada animasi ini namun tidak menimbulkan tindakan nyata sesuai dengan isi tayangan animasi tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Santri; Pesan Dakwah; Salat; Riko The Series
Subjects: Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arina Marjany
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:16
Last Modified: 14 Sep 2023 08:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77113

Actions (login required)

View Item View Item