Lestari, Tias Ayu (2023) Kualitas pelayanan publik di Desa Sirnagalih Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1.cover.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
3. Daftar Isi.pdf Download (668kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
||
|
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Download (365kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi yang dilakulan oleh peneliti pada saat melakukan PKL di Desa Sirnagalih Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya dimana peneliti menemukan permasalahan dalam pelayanan yaitu kuurangnya informasi mengenai pelayanan desa yang mengakibatkan masyarakat sedikit kesulitan memperoleh informasi tersebut. Seperti pada saat akan membuat surat pengantar KTP dan surat menyurat lainnya. Dan deesa sirnagalih tidak memiliki website, atau sosial media sebagai platform publikasi informasi dan fakta lainnya desa sirnagalih tidak memiliki papan informasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apa penyebab dari rendahnya kualitas pelayanan publik di desa Sirnagalih Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dimana pada penelitian ini peneliti menggambarkan hasil penelitian dengan mendeskripsikan peristiwa yang terjadi ataupun fenomena yang terjadi dilapangan dengan menyajikan data secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu observasi, wawnancara, dan studi dokumen. Adapun informan pada penelitian ini yaitu aparatur desa yang terdiri dari kepala desa 1 sebagai kunci informan yaitu orang yang mengetahui pelaksanaan kebijaka pelayanan di desa Sirnagalih, sekertarsi desa, 1 orang petugas bagian kasi pelayanan, dan 1 orang petugas kasi pemerintah sebagai informan utaman, serta ada 8 orang masyarakat sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan publik di Desa Sirnagalih ini dapat dikatakan sudah baik dalam memberikan pelayanan, namun ada indikator yang belum maksimal sehingga masih belum sesuai dengan harapan masyarakat apalagi pada dimensi reliability dimana petugas desa masih kurang teliti dalam memberikan pelayanan sehingga masoh sering terjadi kesalahan pada saat memberikan pelayanan , responsive pada indikator ini apart desa Sirnagalih masih belum professional dalam melakukan tugasnya, dan assurance pada dimensi ini pemerintah desa sirnagalih masih belum maksimla dalam menggunakan Teknologi Informasi Komunikasi seperti pemanfaatan sosial media untuk publikasi informasi masih belum dmanfaatkan oleh pihak desa Sirnagalih.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik; Kualitas Pelayanan; Desa Sirnagalih; Adminsitrasi Publik; Kebijakan Publik; |
Subjects: | Administration of Economy Administration of Economy > Administration of Commerce |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Tias Ayu Lestari |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 04:30 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 04:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77114 |
Actions (login required)
View Item |