Strategi akun Instagram @peredapilu dalam memanfaatkan ilustrasi sebagai konten dakwah

Nuurlatifah, Adinda (2023) Strategi akun Instagram @peredapilu dalam memanfaatkan ilustrasi sebagai konten dakwah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan perintah Allah SWT dalam surat Ali-Imran ayat 104 seluruh umat muslim diharuskan untuk senantiasa berbuat amar makruf nahi munkar pada setiap manusia yaitu berdakwah. Namun berkembangnya zaman dan segala problematika yang ada saat ini tidak bisa hanya mengandalkan dakwah berbentuk ceramah dalam pelaksanaannya. Maka diperlukan alternatif dakwah lainnya dengan inovasi baru yang lebih kreatif. Salah satunya yakni dengan menggunakan media visual ilustrasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pertama, proses perumusan perencanaan akun Instagram @peredapilu dalam memanfaatkan ilustrasi sebagai konten dakwah; kedua, implementasi perencanaan akun Instagram @peredapilu dalam memanfaatkan ilustrasi sebagai konten dakwah; dan ketiga, evaluasi perencanaan yang dilakukan akun Instagram @peredapilu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori manajemen strategis yang dikemukakan oleh Fred R. David. Ia menyebutkan bahwa strategi memiliki 3 tahapan yang harus dilalui pada prosesnya yakni Perumusan Strategi, Implementasi Strategi, dan Evaluasi Strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pemilihan metode ini peneliti terapkan guna mendeskripsikan secara lengkap dan terperinci sesuai dengan temuan data mengenai objek penelitian yang ada di lapangan. Data tersebut didapatkan melalui observasi, studi dokumentasi, wawancara mendalam, dan kepustakaan. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang dilakukan akun Instagram @peredapilu dalam memanfaatkan ilustrasi sebagai konten dakwah berhasil menarik mad’u dalam penyampaian dakwahnya. Dengan demikian, apabila perumusan perencanaan, implementasi perencanaan dan evaluasi perencanaan akun Instagram dilakukan dengan baik maka akan didapatkan hasil yang maksimal di antaranya pada pesan yang tercantum dalam konten dapat memengaruhi followers terhadap pesan yang ingin disampaikan. Selain itu, memunculkan rasa ketertarikan dan rasa kepercayaan followers terhadap pesan yang disampaikan oleh akun Instagram tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Instagram; Ilustrasi; Konten Dakwah
Subjects: Islam > Da'wah
General Management > Planning and Strategic Management
Drawing and Drawings > Graphic Design, Illustration Drawings
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Adinda Nuurlatifah
Date Deposited: 14 Sep 2023 08:23
Last Modified: 14 Sep 2023 08:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77124

Actions (login required)

View Item View Item