Rachmalia, Sophia Gina (2023) Pengembangan E-LKPD berbasis masalah menggunakan aplikasi Flip Pdf Professional pada materi Pencemaran Lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (572kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
Abstract
Penggunaan lembar kerja peserta didik yang kurang menarik dapat menurunkan minat serta partisipasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Seiring dengan perkembangan teknologi, lembar kerja peserta didik dapat dibuat dalam bentuk digital. Dalam lembar kerja elektronik (E-LKPD) tidak hanya memuat materi saja, namun juga dapat berisi video materi, animasi, tugas dan kegiatan lainnya yang diharapkan dapat menarik peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui respon siswa terhadap E-LKPD berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate) yang kemudian dibatasi menjadi model 3-D. Hasil penelitian berupa deskripsi tahapan pengembangan define, design, dan development. Validasi E-LKPD berbasis masalah dilaksanakan oleh validator media, validator materi, dan guru mata pelajaran biologi. Skor rerata yang didapatkan sebesar 80% dengan kategori layak. Hasil uji keterbacaan pada E-LKPD berbasis masalah mendapatkan skor rata-rata sebesar 92% dan termasuk kategori sangat baik. Respon siswa terhadap E-LKPD berbasis masalah mendapat nilai rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji validitas dan respon peserta didik dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis masalah pada materi pencemaran lingkungan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD berbasis masalah; Media Pembelajaran; Pencemaran Lingkungan; Pengembangan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Sophia Gina Rachmalia |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 03:13 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 03:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77151 |
Actions (login required)
View Item |