Perspektif mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung tentang kualitas pemberitaan media sosial Instagram @radarbandung.id

Rahmansyah, Gio (2023) Perspektif mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung tentang kualitas pemberitaan media sosial Instagram @radarbandung.id. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi, terdapat banyak perubahan yang terjadi, termasuk pada media, yang sebelumnya hanya media cetak dan media elektronik, saat ini bertambah dengan adanya media sosial. Saat ini media sosial telah menghadirkan beberapa aplikasi yang dapat menampilkan beragam informasi berita. Salah satunya media sosial instagram. Saat ini, @radarbandung.id telah menjadi platform media informasi berita dengan menyajikan informasi berita seputar kota Bandung dan sekitarnya dalam bentuk foto ataupun berupa video.Metode penelitian yang dipilih peneliti dalam penelitian ini adalah studi deskriptif. Metode studi deskriptif ini digunakan agar dapat menggambarkan secara lengkap dari suatu fenomena sosial yang kemudian disajikan dalam bentuk kata-kata baik tulisan maupun lisan dari para informan atau sumber data primer dan sekunder.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori new media. Adapun Paradigma penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif yang diharapkan mampu menghasilkan uraian yang mendalam tentang ucapan, tulisan atau perilaku yang dapat diamati dari suatu individu, kelompok, masyarakat dari sudut pandang yang utuh, komprehensif, dan holistik. Data hasil wawancara diuraikan menjadi tiga bagian, yakni perspektif mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung tentang keakuratan pemberitaan, kemudian perspektif mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung tentang tingkat kecepatan pemberitaan, dan terakhir pada perspektif mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung tentang manfaat pemberitaan yang dipublikasikan oleh media sosial pada akun Instagram @radarbandung.id.Hasil kesimpulan yang peneliti dapat setelah melakukan wawancara dengan para informan mengenai bagaimana perspektif mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, terkait dengan keakuratan pemberitaan yang dipublikasikan oleh media sosial Instagram pada akun @radarbandung.id sudah cukup akurat. Lalu, mengenai hasil kesimpulan yang peneliti dapat setelah melakukan wawancara dengan para informan, mengenai bagaimana perspektif mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung terkait dengan tingkat kecepatan pemberitaan yang dipublikasikan oleh media sosial Instagram pada akun @radarbandung.id, sudah cukup cepat. Dan terakhir, manfaat pemberitaan yang dipublikasikan oleh media sosial Instagram pada akun @radarbandung.id, yang dirasakan oleh mahasiswa UIN serta mungkin dirasakan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perspektif; Berita; Media Sosial; Instagram; @radarbandung.id.
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Gio Rahmansyah
Date Deposited: 13 Sep 2023 05:39
Last Modified: 13 Sep 2023 05:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77173

Actions (login required)

View Item View Item