Hidayah, Nurul (2023) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis metode Talkshow terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir yang sangat essensial dan penting di dalam proses pembelajaran biologi. Hal ini berdasarkan pada temuan di lapangan dan wawancara terhadap guru mata pelajaran, ketika siswa mempelajari materi pencemaran lingkungan hanya sekilas bermodal buku ajar, tanpa di integrasikan dengan kondisi nyata dilingkungan, yang menyebabkan keterampilan berpikir kritis siswa kurang terasah dengan baik. Oleh karena itu, berdasarkan pada keadaan tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis metode talkshow terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental dengan desain non-equivalent group desain. Pengambilan sampel penelitian mengunakan teknik random sampling dengan jumlah 67 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu X MIPA 5 dan X MIPA 7 di MAN 2 Tasikmalaya. Data diperoleh menggunakan instrument berupa soal pre-test dan postest, lembar observasi dan lembar angket respon siswa. Hasil pengujian data pretest-postest menunjukkan data berdistribusi tidak normal, dan juga tidak homogen dengan nilai signifikansi sebesar 0,015<0,05. Pengujian dilanjutkan dengan uji non-parametik yaitu uji Mann-Whitney yang diperoleh nilai asymp sig. (2 tailed) sebesar 0,000<0,05 sehingga dinyatakan hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dari penggunaan model pembelajaran problem based learning berbasis metode talkshow terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning (PBL); Talkshow; Berpikir Kritis; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Biology Biology > General Publications of Biologi Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | NURUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 03:07 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77181 |
Actions (login required)
View Item |