Internalisasi nilai-nilai taawun dan tasamuh upaya pembentukan akhlaqul karimah siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMPN 1 Cileunyi

Nisa, Intan Adha (2023) Internalisasi nilai-nilai taawun dan tasamuh upaya pembentukan akhlaqul karimah siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) di SMPN 1 Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai ta’āwun dan tasāmuḥ sebagai upaya pembentukan akhlāqul karīmah siswa yang dilaksanakan melalui ekstrakurikuler Palang Merah Remaja. Kajian ini dilatarbelakangi oleh adanya perbedaan pada siswa anggota Palang Merah Remaja dengan siswa yang bukan anggota Palang Merah Remaja. Masih ditemui siswa yang tidak memahami nilai ta’āwun dan tasāmuḥ. Beberapa siswa hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa melihat sekitarnya yang membutuhkan bantuan. Dalam menginternalisasikan nilai-nilai ta’āwun dan tasāmuḥ di sekolah yang dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) diduga dapat mengupayakan pembentukan akhlāqul karīmah serta memberikan arahan kepada peserta didik untuk dapat mengamalkan nilai-nilai akhlāqul karīmah yang diperolehnya melalui kegiatan-kegiatan sosial dan kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Proses internalisasi nilai-nilai ta’āwun dan tasāmuḥ sebagai upaya pembentukan akhlāqul karīmah siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja, 2) Program ekstrakurikuler Palang Merah Remaja yang menginternalisasi nilai-nilai ta’āwun dan tasāmuḥ upaya pembentukan akhlāqul karīmah siswa, 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam proses internalisasi nilai-nilai ta’āwun dan tasāmuḥ sebagai upaya pembentukan akhlāqul karīmah siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja. Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan Penelitian Lapangan (field research) yaitu dengan memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi. Adapun metode yang digunakan ialah metode pendekatan kualitatif (Deskriptif kualitatif). Teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Tempat penelitian yaitu di SMPN 1 Cileunyi Kabupaten Bandung. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Proses internalisasi nilai dilakukan melalui tiga tahapan yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, tahap transinternalisasi nilai. 2) program dan kegiatan yang dilaksanakan yakni, kegiatan rutin ekstrakurikuler, penugasan di sekolah, dan kegiatan tambahan, diantaranya bersih-bersih masjid (BBM) dan bersih-bersih sekolah (BBS), serta pengembangan lintas minat atau berbagai perlombaan yang diikuti oleh anggota Palang Merah Remaja. 3) Faktor pendukung dan penghambat proses internalisasi nilai-nilai ta’āwun dan tasāmuḥ yaitu pertama, faktor internal yang datang dari individu siswa itu sendiri terkait dengan kesadaran dan motivasi siswa dalam menjalankan kegiatan PMR dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri pribadi siswa seperti lingkungan, waktu, serta sarana dan prasarana yang ada di SMPN 1 Cileunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; nilai; akhlaq; ekstrakurikuler
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Intan Adha Nisa
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:59
Last Modified: 15 Sep 2023 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77210

Actions (login required)

View Item View Item