Respon mahasiswa terhadap desain komunikasi visual konten dakwah akun Instagram @Iqomic: Studi pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2019 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Iskandar, Muhammad Farid (2023) Respon mahasiswa terhadap desain komunikasi visual konten dakwah akun Instagram @Iqomic: Studi pada mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2019 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi visual adalah suatu bentuk penyampaian makna nonverbal dari pesan faktual yang memanfaatkan unsur visual. Desain komunikasi visual (DKV) merupakan proses dalam mengolah media untuk berkomunikasi dengan bentuk visual. Dakwah yang dahulu umumnya hanya disampaikan melalui lisan setelah perkembangan zaman Desain komunikasi visual dapat diterapkan dalam kegiatan dakwah. Media sosial menjadi pilihan yang memiliki potensi besar dalam menjangkau mad’u. Media sosial khususnya Instagram mengedepankan unsur visual yang mengharuskan para pendakwah memberikan konten-konten dengan visual yang menarik. Salah satu fokus kajian jurusan KPI adalah i’lam yang di antaranya mata kuliah komunikasi visual yang dipelajari mahasiswa KPI angkatan 2019 yang mempelajari visual yang menarik untuk diterapkan dalam konten dakwah. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana respon yang meliputi perhatian, pemahaman, dan penerimaan mahasiswa KPI angkatan 2019 tentang desain komunikasi visual dari konten dakwah akun Instagram Iqomic. Penelitian ini menggunakan teori SOR (Stimulus Organism Response) yang dikemukakan oleh Carl Iver Hovland dalam bukunya yang bertajuk “Communication and Persuasion” pada tahun 1953. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan studi deskriptif yang akan menjelaskan dan meringkaskan hasil perhitungan data yang berupa angka. Untuk mengumpulkan datanya menggunakan metode observasi terstruktur yang berupa kuesioner dengan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan perhatian mahasiswa mendapat respons yang positif pada taraf 83,57%, pemahaman mahasiswa mendapatkan 83,02% yang menunjukkan respons positif, dan penerimaan mahasiswa juga mendapat respons positif pada taraf 81,51%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Desain; Konten; Respons; Visual
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Depositing User: Muhammad Farid Iskandar
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:13
Last Modified: 13 Sep 2023 04:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77264

Actions (login required)

View Item View Item