Pengaruh mendengarkan musik klasik (Mini Album Musik Lexicon) karya Isyana Sarasvati terhadap peningkatan Self Acceptance (Penerimaan Diri) pada remaja

Noviani, Silvi (2023) Pengaruh mendengarkan musik klasik (Mini Album Musik Lexicon) karya Isyana Sarasvati terhadap peningkatan Self Acceptance (Penerimaan Diri) pada remaja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Penerimaan diri merupakan tindakan menilai diri secara objektif, menerima segala kelebihan bahkan kekurangan yang terdapat pada dirinya, berkeinginan dengan sebaik mungkin untuk mengembangkan diri serta menjalani kehidupan. Masa remaja adalah masa transisi dari anak-anak ke masa dewasa. Periode ini dianggap sangat penting dalam kehidupan seseorang, khususnya dalam pem bentukan kepribadian, sehingga setiap individu memerlukan penerimaan diri supaya mereka dapat berkembang secara optimal. Pada masa perkembangan nya tidak sedikit remaja yang mengalami penurunan penerimaan diri (low self acceptance), hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan relaksasi untuk mengontrol kecemasannya, salah satunya yaitu dengan cara mendengarkan musik klasik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk gambaran penerimaan diri yang ada pada remaja. Kemudian tujuan lainnya adalah untuk memahami dan mengetahui aplikasi mendengarkan musik klasik pada remaja. Serta mengetahui seberapa besarnya pengaruh mendengarkan musik klasik terhadap peningkatan penerimaan diri pada remaja. Metode penelitian dalam kepenulisan ini menggunakan sebuah metode dengan hitungan statistik, yaitu metode kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan menggunakan desain penelitian korelasi antara beberapa variabel, yaitu variabel mendengarkan musik klasik sebagai variabel independen dengan variabel dependen berupa self acceptance (penerimaan diri). Didapatkan sampel berupa seluruh populasi remaja PIK-R PHB di Desa Padamulya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis sejumlah 30 orang. Sasaran Remaja PIK-R adalah seluruh remaja yang ada di lingkungan tanpa memandang jenis kelamin, agama yang dianut, tingkat pendidikan, maupun status sosial ekonominya. Usia remaja anggota PIK-R yaitu berusia 10-24 tahun baik laki-laki maupun perempuan yang belum menikah. Berdasar pada hasil uji korelasi serta hipotesis mengenai pengaruh antara mendengarkan musik klasik (mini album lexicon) terhadap tingkat penerimaan diri pada remaja didapatkan bahwa, terdapat korelasi yang cukup antara kedua variabel tersebut. Angka tersebut berada pada 0,340 atau 34% yang menunjukan berada pada hubungan korelasi yang cukup. Juga pada pengujian hipotesis dengan membandingkan antara probabilitas 5% serta nilai signifikan, mendapatkan hasil sejumlah 0,044 yang menunjukan nilai kurang dari 0,05. Hal tersebut membuktikan bahwa H0 ditolak, sedangkan H1 diterima dengan memastikan bahwa memang ada pengaruh dalam mendengarkan musik klasik pada tingkat self acceptance (penerimaan diri) pada remaja di PIK-R PHB Desa Padamulya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Diri; Remaja; Mendengarkan Musik
Subjects: Islam > Sufi Orders
Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
General Principles of Music and Musical Form > Sacred Music
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Silvi Noviani
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:46
Last Modified: 13 Sep 2023 06:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77271

Actions (login required)

View Item View Item