Penerapan permainan tradisional pada pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah : Penelitian tindakan kelas di MIN 2 Kota Bandung

Nurjanah, Siti (2023) Penerapan permainan tradisional pada pembelajaran matematika berbasis Etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah : Penelitian tindakan kelas di MIN 2 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, hasil belajar matematika masih di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal hal ini disebabkan karena penggunaan metode konvensional pada pembelajaran matematika yang membuat suasana pembelajaran menjadi membosankan dan jenuh. Pada siswa kelas III, dari 28 siswa terdapat 27 siswa yang tidak mencapai KKM yakni 96% dan sebanyak 1 siswa mendapat skor ≥ KKM yakni sebesar 4%. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan penerapan media permainan tradisional pada pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan media permainan tradisional pada pembelajaran matematika berbasis etnomatematika untuk setiap siklus. 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan penerapan media permainan tradisional pada pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Penelitian dilakukan di MI Negeri 2 Kota Bandung yang terdiri dari 28 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa pada prasiklus masih rendah yaitu rata-rata skor siswa sebesar 62,86 (kurang) dan hanya 11 siswa yang telah melampaui KKM yaitu 75 sebesar 39% (kurang), sedangkan masih terdapat 17 siswa yang belum mencapai nilai KKM dengan persentase 61%. Hasil observasi aktivitas guru pada Siklus I yaitu persentase 100% (Sangat Baik) sedangkan persentase aktivitas siswa 45% (rendah). Pada siklus II yaitu persentase aktivitas guru sebesar 100% (Sangat Baik) Sedangkan prentase aktivitas siswa 53% (cukup). 3) adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari setiap siklus yaitu terjadi peningkatan dari 62,86 (kurang) pada prasiklus, kemudian meningkat pada menjadi 73,57 (Baik) Pada siklus I. Pada siklus II rata-rata hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan menjadi 87,14 (Sangat Baik).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: permainan tradisional; etnomatematika; hasil belajar kognitif
Subjects: Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurjanah Siti
Date Deposited: 14 Sep 2023 00:40
Last Modified: 14 Sep 2023 00:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/77276

Actions (login required)

View Item View Item